detikfood
Senin, 04/06/2012 11:27 WIB

Daun Stevia, Pemanis Alami Bebas Kalori

Dyah Oktabriawatie Waluyani - detikFood
Coklat dan Permen
  • Vitamin B6
  • Fondue Chocolate
  • Cocoa Mix
Bumbu-bumbu (Saos, Kecap, dll)
Flavor
thumbnail Foto: thinkstock
Gula tambahan pengganti gula murni tidak dianjurkan dikonsumsi berlebihan. Mereka yang berdiet biasanya mengurangi konsumsi gula. Sebagai penggantinya ada gula alami dari daun Stevia yang dapat memberi rasa manis tanpa beban kalori.

Stevia termasuk dalam jenis keluarga bunga matahari atau Asteraceae. Banyak tumbuh di daerah subtropis dan tropis diwilayah barat Amerika Utara dan Amerika Selatan. Spesies yang satu ini umumnya dikenal sebagai sweetleaf, daun manis, sugarleaf atau stevia.

Saat ini stevia telah dibudidayakan dan digunakan dalam makanan di Asia Timur termasuk Cina, Korea, Taiwan, Thailand dan Malaysia. Bentuk daunnya seperti kemangi, berukuran kecil dan berwarna hujau. Daunnya bertumpuk-tumpuk dalam satu batang, berbiji dan bertunas.

Rasa daun ini 300 kali dari gula, karena itu daun ini dapat dijadikan pemanis pengganti gula. Untuk mengolah daun ini biasanya melalui teknik kristalisasi menggunakan etanol atau metanol sebagai pelarutnya. Pada penelitian yang dilakukan tahun 2009, ditemukan bahwa Stevia memiliki senyawa anti-hiperglikemia, anti-hipertensi, anti-tumor, anti-diare, diuretik dan imunomodulator.

Gula alami ini aman untuk dikonsumsi karena rendah karbohidrat, bebas kalori dan dapat meminimalkan glukosa darah. Anda juga dapat mengontrol konsumsi kalori dengan mudah. Pemanis alami ini juga dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes karena dapat meningkatkan sensitifitas insulin dan orang yang sedang menjalankan diet rendah karbohidrat.

(odi/dyh)


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).