detikfood
Selasa, 22/05/2012 14:53 WIB

Rekomendasi Redaksi

Dari 4 Rainbow Cake Ini, Mana yang Paling Enak?

Fitria Rahmadianti - detikFood
Coklat dan Permen
  • Vitamin B6
  • Fondue Chocolate
  • Cocoa Mix
Susu dan Makanan Bayi dan Balita
Bumbu-bumbu (Saos, Kecap, dll)
thumbnail Foto: Detikfood
Rainbow cake kini menjadi salah satu cake yang paling dicari oleh warga urban Jakarta. Telat sedikit saja, kue warna-warni ini habis dipesan. Meski demikian, kini semakin banyak cake shop yang menjual rainbow cake. Mana yang paling enak?

Rainbow cake sebenarnya merupakan sponge cake yang diberi pewarna makanan seperti pelangi, kemudian ditumpuk dan dilapisi dengan butter cream atau cream cheese. Umumnya rainbow cake terdiri dari 6 lapis berwarna merah, kuning, jingga, hijau, biru, dan ungu (mejikuhibiniu-merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, ungu).

Di Jakarta, ada beberapa kafe dan cake shop yang menjual rainbow cake. Detikfood mencoba mencicipi beberapa rainbow cake. Kali ini buatan Michel's Patisserie, Dapur Cokelat, The Park Lane Hotel, dan Souly Butter Kitchen.

Rainbow cake di Michel's Patisserie berlapis 6 dengan warna magenta, jingga, kuning, hijau, biru, dan ungu gelap. Sponge cake berwarna berani ini dilapisi dengan butter cream putih tipis di antara lapisan dan di sisi cakenya. Bagian atasnya dihias dengan krim dan permen mini warna-warni.

Cake seharga Rp 25,000/slice ini memiliki tekstur lembut dan rasa yang tidak terlalu manis. Ukurannya sedang, lumayan kenyang kalau dimakan sendiri. Bisa juga disantap berdua kalau sedang ingin ngemil.

Rainbow cake a la Dapur Cokelat terlihat ceria dengan 6 warna pastel yang cerah, yakni scarlet, orange muda, kuning, hijau, biru muda, dan ungu muda. Warnanya tidak terlalu kuat mencolok. Butter creamnya yang putih polos disapukan tipis saja di antara lapisan cake, di sisi, dan di bagian atasnya.

Seperti krimnya yang tipis, irisan cake ini juga tipis. Wajar bila harganya relatif murah, yakni Rp 17,500/slice. Namun, lapisan sponge cakenya agak tebal sehingga cake ini terlihat tinggi. Saat digigit, teksturnya mirip bolu yang ringan dan sedikit kenyal. Rasanya pun tidak terlalu manis.Next

(odi/fit)

Halaman 1 2 3

Baca Juga
 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).