detikfood
Selasa, 22/05/2012 14:53 WIB

Rekomendasi Redaksi

Dari 4 Rainbow Cake Ini, Mana yang Paling Enak?

Fitria Rahmadianti - detikFood
 Dari 4 Rainbow Cake Ini, Mana yang Paling Enak? Foto: Detikfood
Rainbow cake kini menjadi salah satu cake yang paling dicari oleh warga urban Jakarta. Telat sedikit saja, kue warna-warni ini habis dipesan. Meski demikian, kini semakin banyak cake shop yang menjual rainbow cake. Mana yang paling enak?

Rainbow cake sebenarnya merupakan sponge cake yang diberi pewarna makanan seperti pelangi, kemudian ditumpuk dan dilapisi dengan butter cream atau cream cheese. Umumnya rainbow cake terdiri dari 6 lapis berwarna merah, kuning, jingga, hijau, biru, dan ungu (mejikuhibiniu-merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, ungu).

Di Jakarta, ada beberapa kafe dan cake shop yang menjual rainbow cake. Detikfood mencoba mencicipi beberapa rainbow cake. Kali ini buatan Michel's Patisserie, Dapur Cokelat, The Park Lane Hotel, dan Souly Butter Kitchen.

Rainbow cake di Michel's Patisserie berlapis 6 dengan warna magenta, jingga, kuning, hijau, biru, dan ungu gelap. Sponge cake berwarna berani ini dilapisi dengan butter cream putih tipis di antara lapisan dan di sisi cakenya. Bagian atasnya dihias dengan krim dan permen mini warna-warni.

Cake seharga Rp 25,000/slice ini memiliki tekstur lembut dan rasa yang tidak terlalu manis. Ukurannya sedang, lumayan kenyang kalau dimakan sendiri. Bisa juga disantap berdua kalau sedang ingin ngemil.

Rainbow cake a la Dapur Cokelat terlihat ceria dengan 6 warna pastel yang cerah, yakni scarlet, orange muda, kuning, hijau, biru muda, dan ungu muda. Warnanya tidak terlalu kuat mencolok. Butter creamnya yang putih polos disapukan tipis saja di antara lapisan cake, di sisi, dan di bagian atasnya.

Seperti krimnya yang tipis, irisan cake ini juga tipis. Wajar bila harganya relatif murah, yakni Rp 17,500/slice. Namun, lapisan sponge cakenya agak tebal sehingga cake ini terlihat tinggi. Saat digigit, teksturnya mirip bolu yang ringan dan sedikit kenyal. Rasanya pun tidak terlalu manis.

Di The Park Lane Jakarta, rainbow cakenya terlihat cantik dan ramping dan diberi nama 'Rainbow Lane Cake'. Lapisan cakenya tebal, terdiri dari warna magenta, jingga, kuning, hijau muda, biru, dan ungu muda. Butter creamnya yang berwarna kuning gading dioleskan agak tebal di antara lapisan, di sisi cake, dan di bagian atasnya. Lempengan white chocolate bercorak warna-warni ditempelkan sebagai hiasan.

Teksturnya lembut namun sedikit berat. Rasanya tidak terlalu manis. Nampaknya krim di cake ini menggunakan susu tanpa tambahan gula karena gurih enak di lidah. Ada sedikit aroma wangi sitrun yang segar. Selain tinggi, irisannya lumayan tebal, sehingga cocok untuk dicicipi beberapa orang. Harganya Rp 50,000++/slice.

Yang terlihat agak berbeda adalah rainbow cake di Souly Butter Kitchen. Butter creamnya terlihat mencolok karena sangat tebal di sisi cake dan di bagian atasnya. Nampaknya, warna krim biru muda sengaja dipilih untuk menggantikan absennya warna biru di lapisan cake. Berbeda dengan rainbow cake pada umumnya, cake ini hanya terdiri dari lima lapis, yakni merah, jingga, kuning, hijau, dan ungu tua. Secara tampilan, cake ini terlihat kurang rapi.

Teksturnya relatif berat dan agak berlemak karena krimnya terlalu banyak. Rasanya tidak terlalu manis. Jika dilihat, kue ini tidak setinggi rainbow cake lainnya sehingga terkesan bantat. Dengan harga Rp 45,000/slice, seharusnya cake ini bisa lebih baik lagi.

Pepatah 'ada harga, ada barang' ada benarnya, namun hal ini tidak berlaku bagi rainbow cake di Souly Butter Kitchen. Cake di Dapur Cokelat agak berbeda dengan rainbow cake di ketiga toko lain karena teksturnya yang lebih mirip bolu, namun hal ini bisa dimaklumi mengingat harganya paling murah.

Rainbow cake di Michel's Patisserie lumayan enak, namun juaranya adalah rainbow cake di The Park Lane Hotel. Selain cantik dan berukuran paling besar, kualitasnya paling baik di antara yang lain. Tak heran jika harganya paling mahal.

Nah, terserah Anda, ingin menikmati 'demam' Rainbow Cake sore ini? Pilihlah yang Anda suka dan nikmati dengan secangkir kopi atau teh!

Michel's Patiserrie
Central Park Mal, Jakarta Barat
Telepon: 021-29200199

Dapur Cokelat
Jl. KH. Ahmad Dahlan No. 12, Jakarta Selatan
Telepon: 021-7266727
Jl. HOS Cokroaminoto No. 62A, Jakarta Selatan
Telepon: 021-31923988
Komplek Greenville Blok BL No. 4, Jakarta Barat
Telepon: 021-56958638
Jl. Kelapa Nias Raya Blok QE-1 No. 3, Jakarta Utara
Telepon: 021-4533158
Jl. Tebet Barat Dalam No. 43, Jakarta Selatan
Telepon: 021-83704189
Ruko Town Center 10B-6, Alam Sutera, Serpong
Telepon: 021-29211488

The Park Lane Jakarta
Jl. Casablanca Kav. 18, Jakarta Selatan
Telepon: 021-8282000

Souly Butter Kitchen
Jl. Kemang Raya No. 15A
Telepon: 021-7199985


(odi/fit)


Baca Juga

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan