detikfood
Kamis, 17/05/2012 11:09 WIB

Ketagihan Kenyal Gurih Kwetiaw si Akang

Devita Sari - detikFood
Sayuran dan Olahannya
  • Yu Long Corn Oil Plant extract
  • Wong Coco Sayur Kalengan Jagung Manis
  • VINISI Fruit Coctail (Buah-buahan kalengan)
Lain-lain
Makanan Ringan, Bakery dan Bahan Roti
thumbnail Foto: www.detikfood.com
Kwetiaw yang satu ini teksturnya yang kenyal-kenyal lembut. Isinya pun sangat royal berupa irisan daging sapi, bakso, daging kepiting, dan arik telur. Tauge dan sawi membuat tampilan kwetiaw ini tambah meriah dan mak nyuss rasanya. Jangan heran kalau ketagihan!

Beberapa kali melintas di jalan Arteri Pondok Indah, Kwetiaw Akang memang selalu tampak dipadati pembeli. Pemandangan itulah yang bikin saya penasaran dengan resto yang satu ini. Apalagi dengar-dengar resto yang satu ini merupakan penjual kwetiaw favorit Pak Bondan. Wah, langsung saja saya meluncurlah kesana.

Meskipun dari luar tampak besar, namun saat masuk restoran ini tampak sederhana - terbukti tak banyak tempat duduk dan meja tersedia. Untunglah malam itu tak begitu ramai dan meski sederhana restoran ini tampak cukup apik dan bersih.

Yang menjadi ciri khas, di setiap meja terdapat acar timun dan irisan cabai rawit serta bawang merah dan irisan cabai rawit. Tinggal pilih saja suka yang mana. Selain itu ada sambal serta kecap asin yang rupanya sering digunakan sebagai pelengkap saat makan.

Selain di Jakarta Selatan, Kwetiaw Akang memiliki 4 cabang lainnya yang berada di Jakarta termasuk resto pertamanya di daerah Muara Karang. Setelah membolak-balik buku menu, kwetiaw goreng sapi jadi pilihan saya dan teman saya memilih bihun goreng Isi sebagai pilihan. Keduanya dihargai Rp 29.500,00 per porsi plus ekstra kepiting seharga @ Rp 7000,00. Selain kwetiaw dan bihun goreng ada pula beberapa menu lainnya seperti nasi goreng atau kwetiaw kuah.

Suara berisik dari bunyi penggorengan beradu dengan sendoknya sesekali terdengar dari sekat dapur yang terbuka. Aroma bawang putihpun menguar lembut. Hingga akhirnya sepiring kwetiaw goreng menjulang disajikan di hadapan saya. Kwetiaw beralas daun pisang tersebut tersaji harum mengundang selera. Konon penjual kwetiaw yang satu ini masih memakai tungku arang dalam memasak sehingga menciptakan aroma yang khas.

Tampilan kwetiawnya pucat tidak terlalu kecokalatan dan sedikit basah. Di sela-sela kwetiaw terdapat tauge dan irisan sawi hijau yang memberi warna pada kwetiaw ini. Tak perlu susah-susah mencari isinya, sebab irisan daging sapi, bakso, dan daging kepiting cukup royal. Hmm... saya pun sudah tak sabar ingin mencicipinya!Next

(odi/dev)

Halaman 1 2

Baca Juga

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).