detikfood
Senin, 14/05/2012 18:21 WIB

Siapakah Pencipta Pink Lemonade?

Dyah Oktabriawatie Waluyani - detikFood
Obat-obatan
  • Vaksin; MEVAC ACYW 135
  • Vaksin; MENVEO MENINGOCOCCAL Group A, C, W135
  • Lumbricum
Sayuran dan Olahannya
Makanan Ringan, Bakery dan Bahan Roti
thumbnail Foto: gettyimages.co.uk
Air jeruk lemon yang ditambahkan gula dan air ini adalah minuman menyegarkan. Rasanya sedikit asam dan berwarna kuning. Bisa disajikan dingin atau hangat. Tapi pernahkan Anda membayangkan, lemonade ada yang berwarna pink?

Sungguh sulit membayangkan minuman yang satu ini bisa berubah warna. Beberapa orang mungkin akan menganggapnya bahwa warna merah pada lemonade berasal dari buah berry. Alasan tersebut bisa dianggap benar.

Minuman yang sudah ada sejak tahun 1800-an ini terbuat dari campuran jus cranberry, jus raspberry atau strawberry. Namun jangan heran jika sebagian pedagang ada yang mencampurkannya dengan pewarna makanan.

Pink lemonade ini diciptakan oleh seorang salesman bernama Pete Conklin. Mulanya saat ia menjajakan dagangannya yang berupa alat-alat sirkus, ia kehausan dan segelas lemonade berhasil menghilangan dahaganya.

Pete yang juga sering megikuti karnaval sirkus, saat itu dia pernah kejatuhan noda berwarna merah di celananya. Sejak itu ia berfikir untuk membuat pink lemonade. Minuman gaya baru ini dibuat dengan mencampurkan strawberry bersama limun.

Menurut artikel yang ditulis New York Times tahun 1912, Henry E. Allott seorang promotor dan penjaga sirkus yang telah menggagas minuman ini, pink lemonade dicampurkan dengan kayu manis dan permen berwarna merah. Namun artikel ini ditulis setelah Allott meninggal dan mengklaim artikel ini dibuat saat dirinya remaja.

Minuman ini juga telah diproduksi oleh beberapa perusahaan minuman ringan ternama. Kemasannya yang sederhana dan ditempatkan dalam botol plastik akan memudahkan konsumen untuk menikmatinya.

(odi/dyh)


Baca Juga
 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).