detikfood
Rabu, 09/05/2012 16:34 WIB

Pangeran Charles Kampanye Selamatkan Fish and Chips

Flora Febrianindya - detikFood
Kosmetik
  • Soap Noodles
  • Sportz Soap
  • Dream Soap
Sayuran dan Olahannya
Vitamin
thumbnail Foto: telegraph.co.uk/eggwansfoododyssey.com
Beberapa tahun ke depan produk ikan dan olahannya akan menjadi semakin langka bahkan musnah. Kekhawatiran tersebut diungkapkan pangeran Charles di depan peserta World Fisheries Congress yang dilaksanakan di Edinburgh.

Sang pangeran menyatakan jika menu ikan, termasuk fish and chips bisa jadi tak tersedia lagi. Hal tersebut mungkin saja terjadi jika penangkapan ikan tak dilakukan secara bertanggung jawab, dan tidak diorganisir secara terperinci.

Fish and Chips adalah bagian dari budaya Inggris, salah satu makanan kebanggaan kita”, katanya. Menurut pria kelahiran 14 November 1948 ini, metode penangkapan ikan saat ini sangat berpengaruh pada hasil tangkapan ikan di masa mendatang.

Fish and Chips merupakan hidangan khas Inggris yang terdiri dari fillet ikan cod yang dibalut adonan tepung dan digoreng kering. Disajikan dengan french fries, irisan jeruk lemon dan saus tartar.

“Toko penjual fish and chips bergantung pada ikan-ikan di laut, dan jika kita mengelola ikannya dengan benar, maka kelangkaan ikan bisa dicegah. Jika para pengusaha ikan ingin berumur panjang, pengelolaan tangkapan ikan sangat berpengaruh untuk menjaga kelangsungannya” tutur pria bergelar Prince of Wales ini.

Pangeran Charles memberi gambaran stok ikan cod di laut utara yang makin menipis karena penangkapan berlebihan. Namun dengan adanya pembatasan dan dikelola dengan benar, hasil tangkapannya bisa meningkat kembali.

“Jika ikan di laut habis, bisa berakibat buruk pada keadaan sosial dan ekonomi. Pikirkan masyarakat pesisir di seluruh dunia yang menggantungkan hidupnya dari menangkap ikan. Kemana mereka harus pergi? Apa yang akan mereka lakukan selanjutnya?”, jelas ayah dari Pangeran William dan Harry ini.

(odi/flo)


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).