Kamis, 29/03/2012 13:41 WIB
Orang yang Doyan Sambal Jantungnya Lebih Sehat
Obat-obatan
- Vaksin; MEVAC ACYW 135
- Vaksin; MENVEO MENINGOCOCCAL Group A, C, W135
- Lumbricum
Jamu
Sayuran dan Olahannya
Foto: cookasianfood.com
Jakarta - Bagi sebagian orang, makan tanpa sambal rasanya kurang nikmat. Anda termasuk orang yang tak bisa hidup tanpa cabai? Ada kabar baik. Hobi mengonsumsi makanan pedas ternyata bikin jantung sehat lho!
Peneliti dari Chinese University of Hong Kong menemukan manfaat hebat cabai bagi kesehatan. Kandung capsaicinoid yang berperan dalam memberikan rasa 'panas' pada cabai disinyalir baik untuk jantung dan pembuluh darah.
Periset menggunakan hamster percobaan yang diberi makanan berkolesterol tinggi. Kemudian, tikus-tikus ini dibagi ke dalam dua kelompok. Hanya satu kelompok yang diberi makanan dengan tambahan capsaicinoid.
Dari percobaan ini terbukti bahwa senyawa pedas tersebut bisa menurunkan kadar kolesterol di tubuh hamster. Caranya adalah dengan meningkatkan kerusakan pada lemak jahat lalu membuangnya lewat feses. Capsaicinoid memblokir cyclooxygenase-2 yang membuat pembuluh arteri berkontraksi dan dapat menghalangi darah mengalir ke jantung.
Tak hanya itu, capsaicinoid juga mampu mengurangi lemak di pembuluh darah. Lemak ini dapat mempersempit arteri dan memicu penyakit jantung atau stroke. Cabai-cabaian juga bisa mengurangi risiko penggumpalan darah dan menurunkan tekanan darah.
Meski demikian, konsumsi cabai yang berlebihan juga tidak baik bagi kesehatan. “Makanan yang baik adalah makanan yang seimbang. Cabai bukanlah pengganti obat-obatan yang terbukti berkhasiat bagi penyakit tersebut, tapi lebih cocok jika disebut sebagai suplemen,” jelas ketua peneliti, Zhen-Yu Chen, Ph.D., seperti dikutip dari Science Daily.
(Odi/Odi)
Peneliti dari Chinese University of Hong Kong menemukan manfaat hebat cabai bagi kesehatan. Kandung capsaicinoid yang berperan dalam memberikan rasa 'panas' pada cabai disinyalir baik untuk jantung dan pembuluh darah.
Periset menggunakan hamster percobaan yang diberi makanan berkolesterol tinggi. Kemudian, tikus-tikus ini dibagi ke dalam dua kelompok. Hanya satu kelompok yang diberi makanan dengan tambahan capsaicinoid.
Dari percobaan ini terbukti bahwa senyawa pedas tersebut bisa menurunkan kadar kolesterol di tubuh hamster. Caranya adalah dengan meningkatkan kerusakan pada lemak jahat lalu membuangnya lewat feses. Capsaicinoid memblokir cyclooxygenase-2 yang membuat pembuluh arteri berkontraksi dan dapat menghalangi darah mengalir ke jantung.
Tak hanya itu, capsaicinoid juga mampu mengurangi lemak di pembuluh darah. Lemak ini dapat mempersempit arteri dan memicu penyakit jantung atau stroke. Cabai-cabaian juga bisa mengurangi risiko penggumpalan darah dan menurunkan tekanan darah.
Meski demikian, konsumsi cabai yang berlebihan juga tidak baik bagi kesehatan. “Makanan yang baik adalah makanan yang seimbang. Cabai bukanlah pengganti obat-obatan yang terbukti berkhasiat bagi penyakit tersebut, tapi lebih cocok jika disebut sebagai suplemen,” jelas ketua peneliti, Zhen-Yu Chen, Ph.D., seperti dikutip dari Science Daily.
(Odi/Odi)
Baca Juga
Komentar (0 Komentar)
Twitter Recommendation
Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
-
Jumat, 24/05/2013 19:27 WIB
Pahlawan Kasus Penculikan Dapat Burger Gratis Seumur Hidup
-
Jumat, 24/05/2013 18:56 WIB
Bayi yang Selalu Habiskan Susu Botol, Cenderung Obesitas Saat Dewasa
-
Jumat, 24/05/2013 18:39 WIB
Fu Yung Hai Plus Bakmi Goreng Nikmat Dari Resto Legendaris Jakarta
-
Jumat, 24/05/2013 18:14 WIB
250 Perusahaan Akan Ambil Bagian Dalam Moscow Halal Expo
-
Jumat, 24/05/2013 17:37 WIB
Seperti Apa Kira-kira Rasa Kari Biru dan Jus Campuran Ikan dan Cuka?
-
Jumat, 24/05/2013 19:27 WIB
Pahlawan Kasus Penculikan Dapat Burger Gratis Seumur Hidup
-
Jumat, 24/05/2013 18:56 WIB
Bayi yang Selalu Habiskan Susu Botol, Cenderung Obesitas Saat Dewasa
-
Jumat, 24/05/2013 07:07 WIB
Apa Menu Sarapan Orang Filipina dan Vietnam?
-
Jumat, 24/05/2013 06:44 WIB
Sempat Dilarang, Akhirnya World Nutella Day Kembali Digelar
-
Jumat, 24/05/2013 11:53 WIB
Berani Coba? French Fries 1.140 Kalori dari McDonald's Jepang!
-
Jumat, 24/05/2013 17:03 WIB
Ngemil Sop Duren Plus Batagor Kuah, Sedap dan Puas!
-
Jumat, 24/05/2013 13:05 WIB
Tekanan Darah Tinggi? Kendalikan dengan Konsumsi Ubi dan Semangka
-
Jumat, 24/05/2013 18:39 WIB
Fu Yung Hai Plus Bakmi Goreng Nikmat Dari Resto Legendaris Jakarta
-
Jumat, 24/05/2013 11:32 WIB
Agar Tetap Langsing dan Bugar, Makanan Apa yang Baik Dikonsumsi Setelah Olahraga?
-
Jumat, 24/05/2013 13:50 WIB
Ini Dia Rahasia Bikin Hamburger yang Empuk dan Juicy!
-
7 Komentar
-
5 Komentar
-
3 Komentar
-
2 Komentar
-
2 Komentar
-
1 Komentar
-
1 Komentar
Must Read
close
-
Jumat, 24/05/2013 14:29 WIB
Perut Kembung? Sebaiknya Jangan Konsumsi Gorengan dan Brokoli
-
Jumat, 24/05/2013 13:50 WIB
Ini Dia Rahasia Bikin Hamburger yang Empuk dan Juicy !
- detikNews · Berita · Internasional · Kolom · Wawancara · Lapsus · Tokoh · Pro Kontra · Profil · Indeks
- detikSport · Basket · MotoGP · F1 · Raket · Sepakbola · Sport Lain · Galeri · Profil · Fans Area · Indeks
- Sepakbola · Italia · Inggris · Spanyol · Jerman · Indonesia · Uefa · Bola Dunia · Fans Area · Indeks
- detikOto · Mobil · Motor · Modifikasi · Tips & Trik · Konsultasi · Komunitas · OtoTest · Galeri · Video · Forum · Indeks
- detikHot · Celebs · Music · Movie · Art · Gallery · Profile · KPOP · Forum · Indeks
- detikInet · News · Gadget · Games · Fotostop · Klinik IT · Ngopi · Produk Pilihan · Forum · Indeks
- detikFinance · Ekonomi Bisnis · Finansial · Properti · Energi · Industri · Sosok · Peluang Usaha · Pajak · Konsultasi · Foto · TV · Indeks
- detikHealth · Health News · Sexual Health · Diet · Ibu & Anak · Konsultasi · Health Calculator · Foto Balita · Bank Nama Bayi
- detikTravel · Travel News · Destinations · Photos · d'Trips · Hotels · Flights · ACI · d'Travelers Stories
- Wolipop · Fashion · Photos · Beauty · Love & Sex · Home & Family · Wedding · Entertainment · Sale & Shop · Hot Guide · d'Lounge · Indeks
- detikFood · Resep · Tempat Makan · Kabar Kuliner · Halal · Komunitas · Forum · Konsultasi · Galeri · Indeks
- detikSurabaya · Berita · Bisnis · Society · Foto · TV · Indeks
- detikBandung · News · Sosok · Info · Pengalaman Anda · Lifestyle · Iklan Baris · Foto · TV · Info Iklan · Forum · Indeks
Iklan Baris · Blog · Forum · Kolom Kita · adPoint · Seremonia · Sindikasi · Info Iklan · Suara Pembaca · Surat dari Buncit · detikTV · Cari Alamat
Copyright © detikcom, All Rights Reserved · Redaksi · Pedoman Media Siber · Karir · Kotak Pos · Info Iklan · Disclaimer






Penderita tekanan darah tinggi jumlahnya makin meningkat. Penyakit yang bisa memicu serangan stroke dan penyakit jantung ini tidak harus diatasi dengan obat-obatan. Beberapa jenis makanan yang rutin dikonsumsi juga bisa mengendalikan tekanan darah.









