detikfood
Selasa, 20/03/2012 16:43 WIB

Huahh.... Tersengat Pedas Nikmat Si Tulang Jambal!

Devita Sari - detikFood
Huahh.... Tersengat Pedas Nikmat Si Tulang Jambal! Foto: dev/detikFood
Mencari sisa-sisa daging yang terselip di antara tulang ikan asin ini sungguh mengasyikkan sekaligus bikin penasaran. Apalagi ditambah balutan cabai merah yang digerus kasar. Disandingkan sepiring nasi putih hangat plus sayur asem, wuihh sedapnya!

Nama rumah makan ini tentunya sudah tak asing lagi di telinga para pencinta kuliner. Pasalnya nama RM Tulang Jambal memang sudah lama populer di kota Bandung. Seperti namanya, restoran ini memang dikenal dengan menu andalannya yang berupa tulang jambal alias tulangnya ikan asin jambal roti.

Apa sih enaknya makan tulang? Mungkin itulah yang terbesit dalam benak Anda saat mendengarnya. Hal itu pula yang saya alami, tapi sekali coba wah lidah saya pun langsung merindukan setruman pedas bercampur gurihnya si tulang ikan jambal. Nagih!

Mendengar RM Tulang Jambal hadir di Jakarta saya yang sudah lama penasaran dengan rumah makan ini pun langsung meluncur ke Jl. Birah Raya No. 9. Bagi yang baru pertama kali berkunjung mungkin rumah makan ini agak susah ditemukan, karena berderet dengan rumah-rumah lainnya. Bahkan banner yang dipasang di bagian depan rumah makan sangat kecil.

Area bersantap ditata mulai dari teras rumah hingga ke bagian dalam rumah yang mungil. Menunya hanya selembar kertas menu dengan tawaran makanan yang sederhana pula. Selain Tulang Jambal, pengunjung juga bisa mencoba pilihan lain seperti Gepuk, Ayam Goreng, Sayur Asem, Karedok, Tahu dan Tempe.

Buat yang ingin praktis bisa memesan beberapa menu paket, seperti Paket Tulang Jambal , Paket Gepuk, dan Paket Ayam Goreng. Tiap-tiap paket sudah dilengkapi dengan lalapan dan tempe tahu serta nasi putih berkisar dari harga Rp 26.500,00 - Rp 29.000,00.

Menurut saya harga dan paket tersebut cocok untuk pilihan makan siang. Paket Tulang Jambal dan Paket Gepuk segera jadi pilihan siang itu plus semangkok sayur asam dan ayam goreng sebagai pendamping.

Paket Tulang Jambal pesanan saya disajikan berupa nasi putih, dua potong tulang jambal berbalut cabai, tahu dan tempe goreng, serta lalapan timun dan daun kemangi. Wah, cabai kemerahan yang menjadi topping ikan jambal sungguh membuat air liur hampir menetes. Tulang jambal memang benar-benar tulang ikan asin jambal dengan sisa daging ikan yang masih melekat.

Untuk menelurusi dan mecari sisa daging yang ada di selipan tulang, memang lebih enak memakai jari-jari tangan langsung. Daging si ikan jambal yang asin gurih pas berpadu dengan pedasnya cabai. Cabai ini digerus kasar tanpa biji dengan tomat, irisan bawang yang royal. Mirip sambal dendeng balado.

Sekali menyentuh lidah, huahh... pedasnya langsung menyetrum lidah dan membuat keringat berlelehan. Pedas mengigit dan tekstur cabai merah besarnya masih terasa renyah. Krenyes bawangpun melengkapi sedapnya sambal ini. Untuk menetralisir saya pun menghirup sayur asam hangat yang disajikan dalam mangkok terpisah.

Sayur asam yang disajikan di rumah makan ini bergaya Sunda, kuahnya berwarna putih tidak kemerahan karena memakai asam muda. Selain itu tidak ada jejak gerusan cabai di kuah sehingga hanya terlacak rasa asam dan sedikit jejak kaldu sapi di lidah. Untuk isinya sangat komplet, mulai dari irisan labu, kacang panjang, daun melinjo, kacang, kol, dan tetelan daging sapi.

Sedangkan Paket Gepuk terdiri dari satu iris daging gepuk sapi yang ditaburi dengan topping sambal puruluk. Gepuknya empuk dengan bumbu bawang yang sangat meresap dan tekstur garing di luar dan empuk di dalam.

Sedangkan sambal puruluk yang bikin penasaran ternyata berupa chili flakes atau cabai merah kering yang ditumbuk kasar berikut bijinya, ditaburkan hingga ke atas nasi. Kombinasi keduanya ternyata sangat serasi dengan tambahan tahu Bandung yang bertekstur halus empuk. O,ya ayam gorengnya juga garing gurih. Seperempat ayam jantang berikut cakar digoreng kering dengan daging ayam yang juicy lembut di dalamnya.

Es jeruk segar pun menjadi pembilas sempurna setruman rasa pedas sambal. Kalau belum puas bisa juga mampir ke penjual es podeng blok S yang tak jauh dari rumah makan ini. Buat yang ingin mengobati kangen si tulang jambal bolehlah malam nanti meluncur ke sana!

RM Tulang Jambal
Jl. Birah Raya No. 9
(Depan Lapangan Blok S)
Kebayoran Baru
Jakarta Selatan
Telp: 021-9127 0369

(Odi/dev)


Baca Juga
Foto Lain

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan