detikfood
Selasa, 20/03/2012 10:16 WIB

Wendy's Jadi Resto Waralaba Terbesar Kedua di Amerika

Devita Sari - detikFood
Vitamin
  • Premix; RM 5
  • Vitamin; RM 6
  • Vitamin and Mineral Premixes
Coklat dan Permen
Sayuran dan Olahannya
thumbnail Foto: msnbc.msn.com/slashfood.com
Sejak pertama kali didirikan akhirnya Wendy's berhasil menjadi restoran waralaba terbesar kedua di Amerika. Kesuksesan tersebut didapat setelah Wendy's berhasil mencatatkan penjualan tahun 2011 lebih besar dibanding Burger King.

Persaingan antar restoran waralaba di seluruh dunia sangat tinggi. Tak terkecuali di Amerika, apalagi setelah mengalami resesi, banyak bermunculan restoran waralaba di negeri Paman Sam. Hal itu dipicu dengan banyaknya pemilik restoran independen yang kini ikut bermain di sektor waralaba.

Seperti yang dilansir dari Huffingtonpost (19/3), Technomic Inc selaku perusahaan riset industri makanan telah melakukan penelitian berdasarkan penjualan restoran waralaba teratas di Amerika. Hasil yang diperoleh cukup mengejutkan.

Berdasarkan hasil penjualan hingga akhir 2011 silam, Wendy's berhasil menggeser kedudukan Burger King. Padahal selama ini Burger King selalu menempati posisi kedua. Menurut Technomic Inc, Wendy's berhasil mengukuhkan penjualan sebesar $8.5 juta di tahun 2011 sedangkan Burger King $8.4 juta. Sementara sang pemimpin masih dipegang oleh McDonald yang mencatatkan penjualan sebesar $34.2 juta.

Angka-angka yang diperoleh tersebut didasarkan pada perkiraan Technomic Inc dari seluruh sistem penjualan di restoran waralaba milik perusahaan, bukan pendapatan perusahaan, yang mencakup biaya dari operator waralaba. Meski jika dilihat secara keseluruhan, Burger King masih memiliki outlet restoran jauh lebih banyak dari Wendy's dan sepertinya tetap akan membuntuti McDonald.

Burger King dan Wendy's selama ini telah mengalami perjuangan yang cukup keras di tengah resesi. Begitu pula dengan persaingan keduanya menghadapi McDonald yang tetap dapat mempertahankan harga rendah saat melalui resesi. Termasuk memperkenalkan menu baru dan juga mengubah konsep restoran.

Secara keserluruhan perwakilan Techmonic Inc mengungkapkan, penjualan McDonald meningkat 26%, sedangkan Wendy's meningkat 9% sedangkan Burger King tidak berubah.

(Odi/dev)


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).