detikfood
Kamis, 16/02/2012 16:10 WIB

Caffeine Zone, Aplikasi Mobile Untuk Mengontrol Kafein

Flora Febrianindya - detikFood
Vitamin
  • Premix; RM 5
  • Vitamin; RM 6
  • Vitamin and Mineral Premixes
Restoran
Minyak, Emulsi dan Lemak
thumbnail Foto: guardian.co.uk/lifehacker.com
Kopi bisa membuat segar tetapi jika minum kopi saat mendekati jam tidur malah membuat kualitas tidur tak maksimal. Inilah yang menginspirasi peneliti di Amerika untuk sebuah aplikasi pengontrol waktu minum kopi.

 Aplikasi ini bisa menunjukkan seberapa banyak kafein yang akan dikonsumsi. Selain itu, ditunjukkan juga seberapa lama efek kafein tersebut akan bertahan.

Aplikasi buatan peneliti ACS Lab di Penn State University ini dapat menunjukkan kapan waktu ideal minum minuman berkafein agar tak mengganggu tidur. “Banyak orang yang tidak mengerti bagaimana kadar kafein pada aliran darah naik dan turun”, kata Frank Ritter yang pertama kali mencetuskan pembuatan aplikasi ini.

Para peneliti mempelajari jika orang dalam kondisi optimal untuk beraktifitas jika terdapat 200 hingga 400 miligram kafein dalam darahnya. Untuk mendapatkan kondisi tidur yang optimal, kadar kafein dalam darah seharusnya dibawah 100 miligram.

Aplikasi yang dibuat tahun 2011 ini bisa digunakan dalam iPhone, iPod Touch, juga iPad dengan sistem pengoperasian minimal iOS 3.1.1. Aplikasi Caffeine Zone ini dapat bisa diakses secara gratis.

Untuk menggunakannya, para user tinggal menyentuh tulisan “consume caffeine”, pilih jenis kafein (teh, kopi, permen karet atau jenis lain), dan aplikasi ini akan menunjukkan level kafeinnya.

Pengukuran kafein pada aplikasi ini ditunjukkan lewat grafik yang menunjukkan kadar kafein sebelum dan sesudah mengonsumsinya. Terdapat kotak hijau transparan menunjukkan kadar kafein yang akan diserap, dan kotak biru menunjukkan level kafein yang harus dicapai sebelum tidur. Next

(Odi/Odi)

Halaman 1 2

 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Must Read close