detikfood
Senin, 16/01/2012 13:14 WIB

Menikmati Steak Argentina Halal di Ubud

Irma Trisnayanti - detikFood
Mie Instan
  • Yumi
  • Cangak Ular
  • Bihunku
Rumah Potong Hewan
Coklat dan Permen
thumbnail Foto: Irma Trisnayanti
Nama Pengirim: Irma Trisnayanti
Email: irma.trisnayanti@xxx.com

Ubud kaya akan berbagai pilihan tempat makan yang menyajikan makanan lokal dan internasional. Sayangnya makanan makanan yang terkenal di Ubud banyak yang tidak halal. Tapi, kini ada Warung Balicow yang menawarkan pilihan menu steak Argentina halal bagi para pengunjungnya.

Ubud adalah salah satu tujuan di kalangan turis lokal maupun mancanegara yang berkunjung ke Bali. Selain keindahan alamnya yang masih hijau, banyak turis lokal dan mancanegara datang ke Ubud untuk menikmati babi panggang. Salah satu resto yang terkenal adalah Babi Panggang Ibu Oka ataupun Iga babi panggang ala Naughty Nuris. Apalagi sajian yang mengandung daging babi adalah hal yang umum bagi restoran di Bali.

Namun bagi turis lokal yang hanya menikmati makanan halal seperti saya, memang harus ekstra hati-hati dalam memilih restoran. Apalagi mencari makanan ala barbekyu yang halal di Ubud merupakan hal yang sulit dilakukan. Tapi atas saran seorang teman pada saat saya berkunjung ke Ubud baru-baru ini, saya pun berhasil menemukan warung ala barbeque yang menyajikan makanan halal.

Warung Balicow adalah nama restoran tersebut. Letaknya di jalan yang sama dengan warung yang terkenal di ubud itu, Naughty Nuris. Dari namanya, warung ini mendeklarasikan sebagai tempat makan sapi bali. Namun di bagian depan, terpampang logo halal yang tentunya menandakan bahwa semua makannya adalah halal untuk dikonsumsi.

Selama ini muncul anggapan bahwa sapi bali adalah binatang yang suci seperti di India dan pantang di makan. Di Bali sebenarnya tidak seperti itu, memang ada beberapa pantangan dan kasta tertentu yang tidak boleh makan sapi, namun pada umumnya makan daging sapi bukan menjadi hal yang tabu di Bali. Warung ini sepertinya ingin mempromosikan kelezatan daging sapi bali kepada para turis yang dating ke Ubud.

Jarang pula yang tahu kalau ternyata Bali adalah salah satu penghasil daging sapi terbaik di Indonesia, karena nenek moyang mereka adalah banteng yang diternakkan. Sapi di Bali dirawat oleh penduduk di halaman rumahnya, dan dibiarkan merumput dengan bebas. Konon, cara memelihara sapi bali ini membuat sapi dibali tidak stress sehingga menghasilkan daging yang emput dan lezat tanpa memerlukan perawatan khusus, sebagaimana sapi penghasil daging wagyu.Next

(dev/dev)

Halaman 1 2

Baca Juga
 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).