detikfood
Jumat, 11/11/2011 15:11 WIB

Halal Corner, Wadah Sosialisasi Halal Para Ibu

Devita Sari - detikFood
Susu, Keju dan Es Krim
  • Bonigrasa whey powder
  • DMine
  • Nichojess
Bumbu-bumbu (Saos, Kecap, dll)
Daging & Daging Olahan
thumbnail Foto: LPPOM MUI
Sebagai penjaga gawang kehalalan keluarga sudah sewajarnya para ibu memiliki bekal pengetahuan halal. Alasan itu pulalah yang mendorong gagasan dibentuknya Halal Corner sebagai wadah sosialisasi halalnya para ibu.

Urgensi halal semakin dirasakan berbagi kalangan masyarakat terutama kaum ibu. Mengingat para ibu yang mempersiapkan makanan di rumah bagi seluruh keluarga, memang sewajarnya jika mereka harus memiliki bekal pengetahuan halal yang cukup.

Bertolak dari hal tersebut, Dunianti Maharani pun tergerak untuk membentuk sebuah wadah halal bersama yaitu Halal Corner. Dimana komunitas tersebut nantinya diharapkan menjadi ajang sosialisasi para ibu untuk saling sharing dan mendatangkan narasumber yang paham akan halal. Meskipun masih terbentuk dalam kelompok-kelompok kecil, komunitas Halal Corner di Bandung mencoba untuk melakukan beberapa kegiatan.

Komunitas pertama Halal Corner di Bandung ini diketuai oleh Ernie Handayani, seorang karyawan swasta yang peduli dengan kehalalan produk. Pada pertemuan perdana antara anggota Halal Corner di Bandung, turut mengundang pula LPPOM MUI Jawa Barat yang diwakili oleh Ibu Ani sebagai mitra Halal Corner untuk mensosialisasikan Halal.

Dalam pertemuan tersebut Ani berharap bahwa Halal Corner di Bandung dapat meningkatkan minat dan intensitas diskusi tentang halal bukan hanya para ibu tetapi juga kaum remaja. Belum lama ini Halal Corner pun kembali diperkenalkan kembali lewat program sosialisasi halal di Sekolah Alam Bogor.

Sosialisasi halal yang berupa ceramah tentang berbagai hal yang berkaitan dengan gaya hidup halal tersebut diikuti oleh lebih dari 20 orang tua murid siswa Sekolah Alam Bogor. Adapun narasumber yang hadir adalah Lia Amalia, SS. STP. MT, selaku auditor halal dan juga Kabid Sosialisasi dan Promosi Halal LPPOM MUI.

Diskusi berjalan sangan interaktif dengan beragam pertanyaan seputar halal. Dari kegiatan tersebut banyak para ibu yang tertarik untuk bergabung dengan Halal Corner. Banyak pula yang berkeinginan segera akan membentuk Halal Corner di Bogor.

Bagi mereka yang ingin bergabung dengan membentuk Halal Corner di daerah masing-masing bisa follow twitter Halal Corner di: @halalcorner atau email ke myhalalcorner@gmail.com. Semoga dengan sosialisasi halal semacam ini ke depannya akan segera terbentuk komunitas Halal Corner di kota lainnya, seperti Jakarta, Bogor, Depok, Surabaya, Medan, dan Batam.
(Odi/Odi)


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).