detikfood
Selasa, 01/11/2011 15:30 WIB

5 Resep 'Fiesta Indonesia', Sajian Unik Nusantara

Odilia Winneke - detikFood
Obat-obatan
  • Vaksin; MEVAC ACYW 135
  • Vaksin; MENVEO MENINGOCOCCAL Group A, C, W135
  • Lumbricum
Sayuran dan Olahannya
Bumbu-bumbu (Saos, Kecap, dll)
thumbnail Foto: detikFood
Hidangan tradisional sedang naik daun dan digemari banyak orang. Seorang Executive Chef akan membeberkan 5 resep rahasianya menampilkan hidangan nusantara yang cantik dan lezat. Dari seafood, ayam hingga daging sapi. Pastikan Anda ada di cooking class ini!

Jangan sampai tertinggal trend kuliner apalagi di negeri sendiri. Kini, kecintaan akan makanan lokal mulai berkembang. Jumlah restoran yang mengusung menu lokal makin bertambah karena digemari banyak orang.

Tidak terbatas pada makanan Jawa, makanan dari pulau-pulau lain di Indonesia mulai dikenal. Seperti dendeng batokok, kepitingan sempolan atau buntut sapi berbumbu asam padeh. Selain cita rasa yang jadi pertimbangan, tampilan hidangan tradisional juga tak kalah penting.

Siapa bilang makanan tradisional tampil kurang memikat selera? Di tangan seorang chef handal, makanan tradisonal pun layak disajikan di resto berbintang dengan kualitas rasa yang prima. Karena itulah kami mengajak pencinta detikfood mengenal rahasia mengolah hidangan tradisional hingga berkelas hotel berbintang.

Deden Gumelar, Executive Chef The Parklane Jakarta punya segudang pengalaman dalam mengolah dan menyajikan hidangan tradisional untuk kelas hotel. Kecintaannya akan makanan lokal dan usahanya terus belajar membuat chef ini punya sejumlah trik dan jurus khusus dalam mengolah makanan.

Dari sederetan menu Indonesia yang digemari para tamunya, Chef Deden memilihkan 5 hidangan unggulan untuk ditampilkan dalam 'Fiesta Indonesia' kali ini. Kepiting Sempolan, kepiting segar yang diolah dengan bumbu khas Sempolan, Jawa Timur ini, lebih gurih dan pedas dibandingkan olahan kepiting dari daerah lain.

Ayam Isi Rempah, tampilan menarik dari ayam yang diisi dengan pate udang dan disajikan dengan siraman saus kuning yang harum gurih. Gepuk Daging Batokok, perpaduan gepuk khas Sunda dengan bumbu batokok khas Sumatera Barat membuat sajian ini sangat istimewa.

Buntut sapi yang banyak disukai orang diolah menjadi Asam Pedas Buntut Bakar. Bumbu asam pedas yang sangat segar membuat rasa gurih buntut jadi makin enak. Lamb Shank Bumbu Padang, tampilannya tak kalah dengan Lamb Shank gaya Eropa. Bumbu khas Minang yang pedas gurih membuat daging paha kambing ini makin enak.

Jangan lewatkan kesempatan untuk berdiskusi dengan sang Chef, mulai dari bahan, pengolahan hingga membuat tampilan yang cantik. Agar tak ketinggalan trend, catat dulu waktunya: Sabtu, 19 November 2011, pukul 09.30-13.00, Parklane II, The Parklane Jakarta, Jl. Casablanca Kav.18, Jakarta Selatan. Harga tiket yang Anda bayarkan Rp 350.000,00 sudah termasuk makan siang di Cafe One dan resep-resep. Segera daftarkan diri DI SINI. Tempat terbatas!
(Odi/dev)


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).