detikfood

Rabu, 26/10/2011 16:37 WIB

Klinik Vertigo untuk Penanganan Lebih Terpadu

Merry Wahyuningsih - detikFood
Klinik Vertigo untuk Penanganan Lebih Terpadu (Foto: thinkstock)
Vertigo merupakan gejala dari berbagai gangguan saraf, penyakit dalam dan THT (Telinga Hidung Tenggorokan). Untuk menemukan penyebab pasti terkadang pasien harus 'dilempar' dari satu dokter spesialis ke spesialis lain. Rumah Sakit Asri Jakarta pun memandang perlu membuka klinik khusus vertigo.

Vertigo atau kehilangan keseimbangan karena merasa sakit kepala luar biasa hingga dunia tampak berputar, bahkan kerap kali disertai dengan rasa mual dan muntah. Vertigo akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari ketika kambuh.

Vertigo bukanlah suatu penyakit melainkan gejala yang bisa disebabkan karena adanya gangguan saraf, penyakit dalam dan THT.

"Pasien vertigo itu sudah pusing, jangan makin dibikin pusing karena dioper-oper dari satu dokter ke dokter lain. Dengan adanya Klinik Terpadu Vertigo pasien akan bisa didiagnosa melalui THT, saraf dan penyakit dalam," jelas dr Entjep Hadjar, Sp.THT, staf pengajar di Departemen Ilmu Penyakit THT FKUI, dalam acara Seminar Vertigo "Re-Balance Your Life" di RS Asri, Jakarta, Rabu (26/10/2011).

Menurut dr Entjep, vertigo paling banyak disebabkan oleh penyakit batuan kecil (debris) pada alat keseimbangan. Vertigo debris terjadi karena gangguan debris pada ruang berbentuk setengah lingkaran yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan tubuh.

Dulu, solusi untuk mengatasinya adalah dengan operasi pengeluaran batu endapan tersebut. Namun ternyata banyak terjadi komplikasi lantaran ruang setengah lingkaran (utrikulus) berada dalam tulang yang paling keras di dalam tubuh manusia.

Namun pengobatan vertigo debris saat ini sangat praktis, aman, dapat hilang dalam beberapa menit dan tanpa obat. Pengobatannya disebut dengan Canalith Repositioning Therapy (CRT), disertai dengan vibrasi yang berfungsi untuk mengurangi rasa pusing dan memudahkan reposisi kanan pada pasien. Terapi dianjurkan 2 kali seminggu walau pada kenyataannya banyak pasien sudah merasa sembuh dengan hanya dua kali terapi.

Salah satu rumah sakit yang menyediakan terapi pengobatan vertigo adalah RS Asri, Jakarta. Dalam Klinik Terpadu Vertigo RS Asri pasien dapat berkonsultasi tentang berbagai hal menyangkut vertigo. Dokter akan mendiagnosa dan mengatasi vertigo melalui THT, saraf dan penyakit dalam, serta akan menentukan pemeriksaan yang tepat dan penalaksanaan yang seksama.

Di Klinik Terpadu Vertigo RS Asri, diagnosis penyebab vertigo dilaksanakan dengan:
  1. Anamnesis
  2. Posturografi
  3. Tes posisi
  4. Hall Pike Manouver
  5. Tes kalori
  6. Tes pendengaran
  7. Pemeriksaan laboratorium.
(ir/mer)


Baca Juga

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan
Must Read close