detikfood
Kamis, 22/09/2011 14:00 WIB

Nyam.. Nyam.. Gurih Renyah Burung Khas Siantar!

Odilia Winneke - detikFood
Daging & Daging Olahan
  • Baso YANGINI,
  • Abon Ikan Cap Y & D
  • Abon Ikan Cap Rumah Besar
Minyak, Emulsi dan Lemak
Bumbu-bumbu (Saos, Kecap, dll)
thumbnail Foto: dev/detikFood
Kalau ingin mencicipi lezatnya aneka jenis burung goreng mampirlah ke sini. Ada burung belibis, burung ruak-ruak, burung ayam-ayam atau burung merpati. Panas mengepul, rasanya gurih krenyes enak. Dicocol sambal bawang rawit dan kecap.. huah.. huah aduhai sedap!

Dalam perjalanan dari Medan ke Pematang Siantar mata akan dimanjakan oleh pemandangan yang teduh dan kendaraan yang berlalu-lalang di jalan aspal yang tak terlalu licin. Saat perut lapar, sudah dapat dipastikan hampir tiap orang akan mampir ke rumah makan yang satu ini, RM Beringin Indah.

Rumah makan ini terletak di kilometer 10 jalan Medan, kampung Sinaksak, Pematang Siantar. Menu andalan yang tersohor adalah burung goreng. Awalnya saya mengira hanya burung dara atau merpati saja yang disajikan. Tenryata keliru!

Di area depan tempat meracik dan menggoreng burung sudah tercium aroma gurih wangi. Tempat makannya ditata seperti ruang makan keluarga. Meja panjang bertaplak hijau dengan kursi-kursi kayu yang cukup lebar. Jenis burung yang ditawarkan tiap hari berbeda, tergantung hasil tangkapan dari sawah atau rawa.

Di daftar menu tersedia burung puyuh, burung merpati, burung ruak-ruak dan burung ayam-ayam. Namun, sayang sekali hari itu hanya ada burung puyuh. Itupun menurut sang pelayan didatangkan dari peternakan khusus di Jawa. Hmm.. burung impor rupanya!

Semua lauk disajikan seperti layaknya rumah makan Padang, hanya pesanan burung saja yang harus disebutkan jumlahnya. Karena burung akan digoreng saat dipesan. Burung burung ini diolah dari burung hidup yang ditangkap atau diternakkan.

Setelah dibersihkan burung dimasak dengan bumbu hingga empuk. Untuk menggorengnya dengan sistem deep frying, mereka sudah memakai fryer, alat penggoreng khusus yang berbentuk segiempat dan diisi minyak penuh.Next

(Odi/dev)

Halaman 1 2

 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).