detikfood

Kamis, 22/09/2011 14:00 WIB

Nyam.. Nyam.. Gurih Renyah Burung Khas Siantar!

Odilia Winneke - detikFood
Nyam.. Nyam.. Gurih Renyah Burung Khas Siantar! Foto: dev/detikFood
Kalau ingin mencicipi lezatnya aneka jenis burung goreng mampirlah ke sini. Ada burung belibis, burung ruak-ruak, burung ayam-ayam atau burung merpati. Panas mengepul, rasanya gurih krenyes enak. Dicocol sambal bawang rawit dan kecap.. huah.. huah aduhai sedap!

Dalam perjalanan dari Medan ke Pematang Siantar mata akan dimanjakan oleh pemandangan yang teduh dan kendaraan yang berlalu-lalang di jalan aspal yang tak terlalu licin. Saat perut lapar, sudah dapat dipastikan hampir tiap orang akan mampir ke rumah makan yang satu ini, RM Beringin Indah.

Rumah makan ini terletak di kilometer 10 jalan Medan, kampung Sinaksak, Pematang Siantar. Menu andalan yang tersohor adalah burung goreng. Awalnya saya mengira hanya burung dara atau merpati saja yang disajikan. Tenryata keliru!

Di area depan tempat meracik dan menggoreng burung sudah tercium aroma gurih wangi. Tempat makannya ditata seperti ruang makan keluarga. Meja panjang bertaplak hijau dengan kursi-kursi kayu yang cukup lebar. Jenis burung yang ditawarkan tiap hari berbeda, tergantung hasil tangkapan dari sawah atau rawa.

Di daftar menu tersedia burung puyuh, burung merpati, burung ruak-ruak dan burung ayam-ayam. Namun, sayang sekali hari itu hanya ada burung puyuh. Itupun menurut sang pelayan didatangkan dari peternakan khusus di Jawa. Hmm.. burung impor rupanya!

Semua lauk disajikan seperti layaknya rumah makan Padang, hanya pesanan burung saja yang harus disebutkan jumlahnya. Karena burung akan digoreng saat dipesan. Burung burung ini diolah dari burung hidup yang ditangkap atau diternakkan.

Setelah dibersihkan burung dimasak dengan bumbu hingga empuk. Untuk menggorengnya dengan sistem deep frying, mereka sudah memakai fryer, alat penggoreng khusus yang berbentuk segiempat dan diisi minyak penuh.

Hasilnya dalam beberapa menit, burung goreng yang panas mengepul tersaji dalam mangkuk oranye berbentuk bunga. Wouw..aroma gurihnya langsung terlacak. Berbarengan disajikan aneka lauk. Lalapan berupa daun bayam rebus, daun sawi rebus, sambal teri, balado terung, sambal goreng kentang, gulai daun singkong, gulai cubadak, tahu goreng dan sambal udang.

Khusus buat menyantap burung goreng disajikan kecap manis yang diaduk dengan irisan cabai rawit dan bawang merah. Burung puyuh yang tak berapa besar ternyata empuk gurih. Ada semburat aroma bawang putih yang kuat, dan sedikit rasa manis sehingga makin enak saja daging burung puyuhnya. Dicocol dengan kecap yang pedas-pedas manis atau sambal cabai goreng, makin sedap dan mantap.

Paling pas menyantap burung goreng langsung dengan tangan. Bergantian cocolan sambal dan lalapan rebus yang masuk ke mulut menemani daging burung yang gurih-gurih enak. Apalagi nasinya pulen dan hangat. Ufhh..tak terasa 2 ekor burungpun ludes dan perutpun terasa padat.

O, ya buat yang kurang suka burung, ada ayam goreng, bebek goreng, kari kambing dan nasi soto. Aneka lauk yang tersedia juga cukup enak. Gulainya agak berbeda dengan gulai Minang. Santannya lebih encer dan bumbunya lebih ringan. Yang saya suka justru aneka lalapan rebus dan segar yang melengkapi santapan burung. Selain murah, sayurannya juga benar-benar segar karena berasal dari daerah di sekitar yang banyak menghasilkan sayuran.

Harga burung goreng selain ditentukan oleh jenis burung juga ukurannya. Agaknya makin kecil burung, makin murah harganya. Burung belibis yang paling maha (Rp.30.000,00), kemudian burung ayam-ayam (Rp. 20,000,00), ruak-ruak (Rp. 13.000,00), merpati (Rp. 12,000,00) dan puyuh (Rp.10.000,00).

Meskipun makan seorang 2 ekor burung puyuh goreng berikut nasi dan aneka lauk, bon yang saya bayar tak mencapai Rp.100.000,00. Selain di sini, Anda bisa mampir juga ke cabang rumah makan Beirngin lainnya (RM Beringin II) yang berlokasi tak jauh dari rumah makan ini. Karena itu saat melintasi jalan ini menuju Siantar, jangan lupa isi perut dulu dengan aneka burung goreng yang enak!

Rumah Makan Beringin I
Jl. Siantar Medan KM 10
Sinaksak, Pematang Siantar
Sumatera Utara
Telpon: 0622-7439193

(Odi/dev)


Baca Juga

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan