detikfood
Rabu, 21/09/2011 11:34 WIB

Empanadas, Pastel Filipina yang Gurih Renyah

Odilia Winneke - detikFood
Lain-lain
  • Tokusil FC-L
  • Tokusil FC-H
  • Tokusil FC
Jamu
Mie Instan
thumbnail Foto: verybestbaking.com
Artikel Terkait

Penganan yang satu ini mirip dengan pastel atau panada. Bentuknya bulan sabit dengan isian daging cincang, ayam, kentang dan sayuran. Rasanya juga renyah gurih enak. Kue yang berasal dari Spanyol ini mengalami perjalanan panjang hingga sampai ke Asia.

Pastel merupakan salah satu jenis jajanan yang sangat populer bahkan sudah dimasukkan dalam kelompok jajanan tradisional. Di Sumatera Utara ada panada, yang bentuknya mirip pastel. Hanya saja terbuat dari adonan roti dengan isian adonan ikan cakalang yang pedas.

Ternyata Filipina juga memiliki jajanan populer bernama empanadas. Bentuknya persis seperti pastel dengan isian daging cincang atau ayam cincang yang dicampur dengan sayuran. Empanadas berasal dari kata 'empanar' artinya 'melipat'.

Penganan ini berasal dari Spanyol dan Portugal. Secara historis kue ini diperkenalkan ke benua Asia melalui para misionaris dan pedagang Spanyol dan Portugal yang mampir ke Indonesia. Karena Filipina merupakan bekas jajahan Spanyol maka penganan ini sangat populer di sana.

Di kawasan Asia lain seperti Malaysia dan Singapura, empanadas dikenal dengan sebutan 'curry puff' karena memakai isian daging berbumbu kari. Bentuk yang serupa empanadas juga ada di Peru, Venuzuela, Mexico hingga Cuba.

Seperti halnya pastel, empanadas bisa dipanggang atau digoreng. Adonan kulitnya hampir sama dengan pastel terbuat dari tepung terigu, telur, air, dan shortening atau mentega. Setelah diaduk kalis barulah adonan digilas tipis. Dibentuk bundar lalu diisi adonan isi dan dilipat hingga membentuk bulan sabit.

Untuk adonan isi bisa disesuaikan selera. Bisa memakai daging sapi, daging ayam, daging kalkun, seafood dan diberi campuran kentang, tomat, bawang bombay dan bumbu. Dengan isian yang gurih enak dan adonan kulit yang renyah, empanadas paling enak dimakan hangat. Mau coba?

(Odi/Odi)


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Must Read close