detikfood
Senin, 08/08/2011 12:35 WIB

Wisata Kuliner Palembang

Bondan Winarno - detikFood
  • WK 6 Agustus 2011 – Palembang/Ramadhan. Bintang tamu: Deasy Baumann.
    Fauzan Azimah
    Fauzan Azimah, Jl. Sultan Aung RT 12, Palembang.

    Pak Bondan dan Deasy melihat pembuatan kue 8 jam di industri rumahan Fauzan Azimah. Ini adalah kue tradisional Sumatra Selatan yang dulunya hanya untuk suguhan kaum bangsawan. Kue ini memang mewah, tiap loyangnya dibuat dari sekitar 37 telur itik, 1 ½ kg gula, margarin, dan susu kental manis. Kue ini tidak dipanggang, melainkan dikukus selama 8 jam. Hasilnya adalah kue yang sangat machtig.
  • WK 6 Agustus 2011 – Palembang/Ramadhan. Bintang tamu: Deasy Baumann.
    Martabak HAR
    Martabak HAR, Jl. Jenderal Sudirman 78, Palembang.

    Sebuah "institusi" kuliner yang sudah dikenal sejak tahun 1947. Pendirinya adalah seorang India yang merantau dari Kerala, India. Sekarang sudah berkembang menjadi berbagai cabang, bahkan juga di luar kota Palembang. Mencicipi nasi minyak, roti canai, malbi, dan kari ayam. Malbi adalah makanan dari daging lembu dimasak seperti semur dengan tone manis. Roti canai-nya fluffy.
  • WK 6 Agustus 2011 – Palembang/Ramadhan. Bintang tamu: Deasy Baumann.
    Pindang Meranjat Jakabaring
    Pindang Meranjat Jakabaring, Jl. Gub. H. Bastari (depan PLN Jakabaring), Palembang.

    Tiap daerah di Sumatra Selatan mempunya gagrak masakan pindang yang unik dan beda. Empat gagrak pindang utama adalah: Pindang Musi Rawas, Pindang Sekayu, Pindang Palembang, dan Pindang Meranjat. Yang terakhir ini bumbunya lebih intens, tetapi dengan karakter segar yang tetap menonjol, karena di dalamnya memakai nanas dan cung kediro (tomat hijau). Mencicipi pindang ikan baung salai, ikan seluang goreng, dan rusip. Ikan salai adalah ikan yang dikeringkan dengan cara diasapi. Rusip adalah fermentasi ikan kecil-kecil, dan biasa dipakai untuk membuat sambal dengan citarasa yang sangat khas. Lemak nian!
(Odi/dev)


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Must Read close