detikfood
Sabtu, 16/07/2011 11:42 WIB

Festival Layang-layang

Wow, Buaya Raksasa Terbang di Langit Pangandaran

Oris Riswan Budiana - detikFood
Wow, Buaya Raksasa Terbang di Langit Pangandaran
Seekor buaya raksasa berukuran sekitar 20 meter kali 10 meter diterbangkan di langit Pangandaran, Sabtu (16/7/2011) siang. Buaya raksasa itu merupakan layang-layang tanpa rangka yang diterbangkan Sulaiman, pelayang asal Johor, Malaysia dalam Festival Layang-layang di Pantai Pangandaran Ciamis.

Layang-layang dominan warna hijau itu cukup menarik perhatian pengunjung karena ukurannya yang besar. "Itu buaya, itu buaya, bagus" teriak beberapa pengunjung.

Menurut Sulaiman, dirinya sengaja membawa layang-layang berbentuk buaya bersama lima rekannya dari Malaysia. "Buaya itu kan biasa hidup di bawah, kita ingin terbangkan buaya karena punya nilai filosofis dan ekonomis," kata Sulaiman kepada wartawan di lokasi.

Beberapa kali, layangan itu sempat diterbangkan di festival layang-layang internasional, salah satunya di Vietnam. Namun, baru kali ini buaya itu dibawa dan diterbangkan di Indonesia.

"Kali ini saya datang ke Indonesia buat fun saja main layang-layang," ungkapnya.

Dijelaskan Sulaiman, buaya itu memiliki berat sekitar 15-20 kilogram dalam keadaan kosong alias tidak diterbangkan. Dan saat diterbangkan, layang-layang itu punya tarikan kuat sehingga harus diterbangkan lebih dari dua pelayang.

"Tapi tergantung anginnya juga," ucap Sulaiman.


(tya/ors)


Baca Juga
Foto Lain

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan