detikfood

Jumat, 17/06/2011 17:43 WIB

Susu Kambing Untuk yang Alergi Susu

Eka Septia Wulan - detikFood
Susu Kambing Untuk yang Alergi Susu Foto: darulherbal.blogspot.com
Susu kambing memang tidak sepopuler susu sapi, tapi manfaatnya tidak kalah dengan susu sapi. Susu kambing biasanya jadi solusi untuk Anda yang memiliki masalah dengan lemak susu. Coba saja!

Meskipun tidak sepopuler susu sapi, namun susu kambing sudah mulai dikenal di masyarakat. Pasalnya, susu kambing ini lebih aman dikonsumsi untuk mereka yang memang alergi terhadap lemak susu. Di Timur Tengah, susu kambing sudah dikonsumsi lebih dari 1000 tahun silam.

Di Indonesia, susu kambing yang paling populer adalah susu kambing ettawa yang berasal dari Jamnapari, India. Susu kambing tidak hanya mengandung sedikit lemak susu, namun juga tinggi akan kandungan nutrisi lainnya. Sebut saja vitamin D, vitamin B12, vitamin C, vitamin A, sodium, pottasium, selenium, kalsium, asam folat dan juga zat besi.

Susu kambing juga bisa membantu Anda yang seringkali mengalami masalah letih lemah dan juga lesu, karena bisa menggantikan tenaga yang sudah keluar. Susu kambing juga membantu masalah persendian, khususnya bagi para manula. Jika memiliki masalah dengan gas lambung, susu kambing dapat membantu Anda untuk menetralisirnya. Susu kambing mudah dicerna oleh lambung, cukup dua puluh menit dicerna berbeda dengan susu sapi yang memerlukan waktu dua jam untuk dicerna.

Kini susu kambing tidak hanya bisa diminum segar, tapi juga sudah banyak makanan olahan yang berasal dari susu kambing. Diantaranya dodol, yoghurt, es krim, keju, bahkan permen. Susu kambing di Indonesia memang tidak cukup mudah ditemyukan. Soal harga, susu kambing juga sedikit lebih mahal dibandingnkan dengan susu sapi segar pada umumnya.

Nah, apakah Anda sudah berniat untuk beralih ke susu kambing?

(Odi/eka)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan