detikfood
Jumat, 20/05/2011 16:21 WIB

Cara Mudah Bikin Bunga Wortel Cantik!

Renny Wahyuningsih - detikFood
Jamu
  • Habbatussaudana
  • Zait Zaitun
  • Zait Saudana
Minuman dan Bahan Minuman
Vitamin
thumbnail Foto : cgi.ebay.com.sg
Mau bikin tumpeng akhir pekan ini? Bingung membuat hiasannya? Kini tak perlu khawatir, dengan alat yang satu ini urusan hiasan tumpeng bisa beres sekejap. Tumpeng dan makanan lain akan tampil dengan hiasan cantik yang makin menggoda selera.

Nasi tumpeng hampir selalu dijadikan hidangan istimewa dalam acara - acara khusus. Tidak hanya cukup dengan beragam sajian lauk pauk, aneka hiasan juga patut ada. Namun, jika hiasannya terbuat dari wortel segar yang berbentuk bunga pasti tidak hanya cantik tapi juga sehat.

Jika tak mau repot atau malah tidak bisa membuat hiasan tumpeng sendiri di rumah, tak perlu khawatir? Alat ini sangat membantu Anda. Urusan membuat hiasan bunga dari wortel bisa disiapkan dalam sekejap.

Alat untuk membuat hiasan sayuran ini disebut Carrot Curler. Tampilannya menarik, bentuk dan warnanya cantik, berbahan dasar plastik serta terdapat mata pisau tajam yang berfungsi untuk menyerut wortel.

Bentuknya seperti bulatan pipa padat memanjang sebagai pegangannya. Terdapat bulatan pada ujungnya. Tampilannya seperti rautan pensil, yang cenderung mengecil kedalam seperti corong (untuk memudahkan masuknya ujung wortel).

Cara penggunaannya cukup mudah, sama dengan menyerut pensil pada rautan. Masukan ujung wortel pada Carrot Curler, setelah pas barulah putar searah jaruh jam hingga lapisan wortel keluar melingkar dan berbentuk bunga.

Jika sudah terputus sambungannya, bisa sedikit dirapikan hasil serutannya hingga terlihat makin cantik. Warna orange yang menggoda, sangat pas diletakan sebagai hiasan pada tumpeng. Anda juga bisa menjadikan bunga wortel ini sebagai hiasan pada setiap makanan. Selain wortel bisa juga dipakai timun hijau atau lobak sebagai hiasan.

Jika ingin menambah koleksi peralatan dapur, Anda bisa membelinya di toko peralatan rumah tangga. Merawatnya juga mudah. Basahi dengan air keran, cuci menggunakan air sabun hangat dan busa lembut lalu keringkan segera.
(Odi/eka)


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Must Read close