detikfood
Selasa, 15/03/2011 11:20 WIB

Kacang Tanah Turunkan Kolesterol Darah?

Eka Septia Wulan - detikFood
Ikan dan Produk Olahannya
  • YANGINI BASO IKAN
  • VINISI
  • Tepung Ebi
Obat-obatan
Minuman dan Bahan Minuman
thumbnail Foto: yumsugar.com
Siapa yang tidak kenal dengan kacang? Camilan kriuk renyah gurih ini sering dihindari karena dituduh sebagai biang kerok munculnya jerawat. Padahal kacang punya sejumlah mineral dan vitamin yang dahsyat untuk tubuh.

Makan kacang sambil nonton atau sambil ngobrol memang mengasyikkan. Kadang sampai sulit sekali berhenti sebelum kacang habis. Namun, tidak sedikit orang yang menghindari kacang karena takut gemuk atau jerawatan. Semua jenis kacang mengandung protein nabati yang cukup tinggi. Tak heran jika kacang selalu masuk ke dalam menu diet sehat di beberapa program diet.

Nutrisi apa saja yang terkandung dalam kacang-kacangan?

Disemua jenis kacang, terkandung polifenol antioksidan terutama senyawa asam p-coumaric. Kacang tanah sangrai, meningkatkan kadar asam p-coumaric dan secara langsung meningkatkan kadar antioksidan menjadi 22%. Antioksidan di dalam kacang yang disangrai sama dengan antioksidan di dalam strawberry dan blueberry. Bahkan melebihi apel, wortel, dan buah bit.

Kacang tawar tanpa rasa asin baik untuk pembuluh arteri. Satu seperempat cangkir kacang tanah, mengandung lemak tak jenuh tunggal yang setara dengan satu sendok makan minyak zaitun. Lemak tak jenuh tunggal ini sangat baik untuk tubuh karena dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Kandungan Niacin yang tinggi dalam kacang dapat membantu pemulihan kerusakan sel dan melindungi tubuh dari penyakit Alzheimer dan masalah yang berkaitan dengan usia.

Kacang merupakan sumber vitamin E yang sudah dikenal sejak dulu. Vitamin E merupakan salah satu antioksidan yang potensial untuk mencegah timbulnya kanker dan penyakit pada kardiovaskular.Next

(Odi/eka)

Halaman 1 2

 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).