detikfood
Selasa, 25/01/2011 16:45 WIB

Jeruk Lokam, Buah Wajib Saat Imlek

Renny Wahyuningsih - detikFood
Coklat dan Permen
  • Vitamin B6
  • Fondue Chocolate
  • Cocoa Mix
Susu dan Makanan Bayi dan Balita
Susu, Keju dan Es Krim
thumbnail Foto: fruit-trade.com
Tahun baru Imlek sudah di depan mata. Bagi yang merayakan pasti tengah bersiap-siap untuk membeli makanan atau segala pernak pernik kebutuhan Imlek. Buah jeruk yang berwarna oranye cantik ini  jadi sajian wajib saat tahun baru!
 
Imlek yang jatuh tepat tanggal 3 Februari 2011, merupakan perayaan tahun baru bagi masyarakat Cina. Tradisi perayaan Imlek ini telah ada sejak ratusan tahun lalu. Perayaan Imlek ini juga memiliki arti sebagai tanda menyambut datangnya musim semi di negeri Cina. Salah satu sajian wajib disetiap perayaan Imlek adalah buah jeruk.

Menurut orang Cina, jeruk memiliki makna tersendiri. Ada yang beranggapan bahwa jeruk dalam bahasa Mandarin disebut 'chi zhe'. Dimana kata 'chi'  berarti rezeki dan 'zhe' berarti buah. Nah, tak heran kalau buah ini diyakini sebagai buah pembawa rejeki.

Buat warga Cina, Imlek harus dilengkapi dengan buah jeruk. Karena itu menjelang Imlak beragam jenis jeruk dijual di pasaran. Umumnya jeruk jenis lokam dipakai untuk merayakan imlek. Jeruk lokam yang sering disebut jeruk imlek ini warnanya kuning menyala. Hal ini sama dengan simbol warna emas atau kekayaan yang dipercaya oleh masyarakat Tionghoa. Dengan harapan tahun baru akan memberi lebih banyak rejeki dan sukses.

Mereka percaya, dengan banyaknya buah di satu pohon, akan semakin melimpah rezeki dan keberuntungan yang didapat. Selain sebagai keberuntungan, jeruk lokam sering dijadikan sebagai lambang keharmonisan dan hubungan antar keluarga, karena tumbuh secara bersamaan dan menyatu. Karena itu buah jeruk berikut pohonnya sering dipakai sebagai hiasan rumah saat tahun baru tiba.
(Odi/dev)


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).