detikfood
Selasa, 18/01/2011 10:55 WIB

Kakak Tude yang Bernama Oci

Bondan Winarno - detikFood
Restoran
  • Bananamia Pisang
  • Bananafries Pisang
  • D' Bananoz Pisang
Ikan dan Produk Olahannya
Roti dan Kue
thumbnail Foto: Bondan W
Semakin banyak saja rumah makan yang menyediakan masakan Manado di Jakarta. Sarang Oci hanyalah salah satu di antaranya. Tetapi, sekalipun tempatnya cukup jauh di pinggiran Jakarta Barat sana, resto yang satu ini punya berbagai "simpanan" juara yang perlu diperhitungkan.
   
"Simpanan"-nya yang pertama adalah sesuai dengan nama resto: Sarang Oci. Oci adalah semacam ikan kembung yang berukuran besar. (Di Manado, ikan kembung disebut tude. Jadi, oci adalah kakaknya tude). Artinya, dibanding dengan resto-resto Manado lain yang menyajikan ikan tude, maka Sarang Oci punya ikan yang lebih besar dan mantap. Seperti layaknya ikan kembung, oci pun cocoknya digoreng atau dibakar, kemudian disajikan dengan rica atau sambal yang khas dan pedis sangat.
   
Berbeda dengan Sarang Oci di Manado sana yang berfokus pada hidangan dari ikan oci, di Jakarta Sarang Oci ternyata meluaskan menu-nya ke berbagai hidangan seafood lainnya. Tetapi, sesuai juga dengan namanya, semua sajian itu masih "diikat" dalam budaya kuliner Manado.
   
Oci bakar atau goreng dihargai Rp 12 ribu saja per ekor. Sedangkan tude yang lebih kecil dihargai Rp 11 ribu. Jangan lewatkan hidangan istimewa dari resto ini, yaitu ekor tenggiri bakar dan sirip pari bakar.
   
Ekor tenggiri bakarnya (Rp 55 ribu) mengingatkan saya pada sajian sebuah rumah makan seafood populer di Pangkalpinang. Bedanya hanya pada cocolan saus yang disajikan. Bila di Pangkalpinang merupakan sambal fusion Melayu-Tionghoa, di SO (Sarang Oci) disajikan dengan rica yang pedis atau saus SO (versi rica yang kurang pedis).
   
Sirip pari bakarnya (Rp 35 ribu) juga harus diuji. Yang ini mengingatkan saya pada sajian populer di Malaysia. Sambalnya pun mirip, sekalipun yang di Malaysia sana memakai blacan (trasi) yang lebih menonjok. Dagingnya lembut, dan tidak ada aroma pesing seperti layaknya ikan pari yang diproses secara salah.
   
Sebagai pendamping ikan bakar - juga tersedia udang, ayam, dan berbagai jenis ikan bakar lainnya (termasuk cakalang, baronang, goropa) - yang paling cocok adalah tumis bunga pepaya (Rp 22 ribu). Pesan juga perkedel milu (bakwan jagung) yang sungguh renyah dan gurih (Rp 14 ribu). Bila sedang musim, di sini juga tersedia perkedel nike (semacam teri endemik dari Danau Tondano).
   
Makanan Manado lain yang diandalkan SO adalah tinutu'an alias bubur Manado, ikan kuah asam, dan minuman pendampingnya adalah es lemon cui. Pencuci mulutnya adalah es brenebon. Juga ada es brenebon durian yang jempolan.
   
SO juga menyediakan berbagai jajanan khas Manado seperti balapis, lalampa, panada, klappertaart, dan lain-lain. Untuk wilayah Jakarta Barat, Sarang Oci adalah salah satu pilihan untuk masakan Manado andalan. (Bondan Winarno)

Sarang Oci Resto Manado
Jl. Panjang 99, Arteri Kelapa Dua
Jakarta Barat
021 5329791


(Odi/eka)


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).