detikfood

Senin, 17/01/2011 16:01 WIB

Flaxseed, Superfood yang Hebat

Eka Septia Wulan - detikFood
Flaxseed, Superfood yang Hebat Foto: https://erwinadr.blogspot.com
Jika ingin mengatasi masalah berat badan dengan cara yang aman dan sehat, Anda bisa memulainya dengan mengkonsumsi bijian yang satu ini. Berasal dari biji bunga, ternyata tak hanya bisa membantu program diet tetapi juga mengatasi banyak masalah kesehatan yang lain.

Mungkin masih banyak yang belum mengenal jenis bijian yang satu ini. Flaxseed , merupakan salah satu jenis makanan sehat yang berupa biji-bijian. Sepintas, flaxseed mirip sekali dengan biji bunga matahari dengan warna merah kecokelatan hanya saja ukurannya lebih kecil.

Flaxseed banyak dijumpai di Amerika dan juga Kanada. Hal ini dikarenakan iklimnya sangat sesuai sehingga memudahkan flxseed tumbuh dengan subur. Kandungan omega 3 nabatinya cukup tinggi, sekitar 3,160 mg per 15gr. Selain kandungan omega 3 nabati, flxseed juga sangat baik untuk kesehatan tubuh, diantaranya:

1. Meningkatkan kesehatan jantung. Asam lemak omega 3 yang terdapat dalam flaxseed mencegah pembekuan darah di dalam jantung dan menurunkan kolesterol jahat dalam darah.

2. Mengendalikan gula darah. Flaxseed mengandung 3 komponen yang dapat mencegah diabetes yakni serat yang dibutuhkan sehari-hari, lignan dan asam lemak Omega-3. Hasil riset yang dilakukan di Kanada terhadap 6 orang yang sehat menunjukan bahwa setelah memakan roti yang terbuat dari Flaxseed, kadar gula darah menurun 28% dibandingkan dengan memakan roti yang tidak mengandung Flaxseed.

3. Menurunkan tekanan darah. Kandungan asam lemak Omega-3 yang tinggi dalam Flaxseed melenturkan sistem pembuluh darah sehingga tekanan darah yang tinggi akan turun secara alami, namun tidak drastis. Sementara bagi orang yang tekanan darahnya sudah normal, Flaxseed tidak menurunkan tekanan darahnya.

4. Membantu meringankan gejala menopause. Dari hasil riset terhadap 25 wanita yang mulai mengalami gejala-gejala menopause dan diberikan Flaxseed 40 gr setiap hari selama 2 bulan terbukti bahwa Flaxseed dapat merupakan sebuah terapi untuk meringankan gejala menopause.

5. Meningkatkan kesehatan ginjal. Dari hasil percobaan klinis, Flaxseed dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan fungsi ginjal bagi pasien yang mengalami penyakit SLE (Systematic Lupus Erythematosus). Dalam percobaan klinis, pasien diberikan Flaxseed 15 gr, 30 gr atau 45 gr setiap hari selama 4 minggu.

6. Meningkatkan kekebalan tubuh terhadap bakteri dan virus. Kandungan Lignan dan Omega-3 dalam Flaxseed berguna untuk meningkatkan kesehatan sel-sel tubuh termasuk zat-zat penting eicosanoids dan cytokines yang notabene berperan dalam mengendalikan kekebalan tubuh.

7. Membantu mencegah perkembangan sel-sel kanker. Flaxseed mengandung tiga unsus pokok yang berperan dalam pencegahan perkembangan sel-sel kanker. Tiga unsur pokok tersebut adalah lignan, asam lemak Omega-3 dan serat.

Para ilmuan dari Duke University Medical Center USA telah mengeluarkan hasil penelitian bahwa makanan yang mengandung Flaxseed cenderung mengecilkan ukuran dan keganasan tumor. Penelitian tersebut dilakukan terhadap tikus yang secara genetik mengindap kanker prostat.

Flaxseed memang tidak ditanam di Indonesia, namun flxseed siap pakai sudah ada di beberapa swalayan besar yang ada di Jakarta. Flaxseed banyak dicampurkan dalam adonan biskuit atau roti sehat. Bisa dibeli di toko bahan kue yang besar. Sayangnya, harga per kemasan flxseed masih relatif mahal.

(Odi/eka)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan