detikfood
Rabu, 22/12/2010 12:04 WIB

Ayam Goreng/Panggang

Bondan Winarno - detikFood
Lain-lain
  • Tokusil FC-L
  • Tokusil FC-H
  • Tokusil FC
Ikan dan Produk Olahannya
Daging & Daging Olahan
thumbnail Foto: Bondan Winarno
Jangan dulu menganggap remeh! Sekalipun ayam goreng merupakan hidangan yang umum dan luas dijumpai di mana-mana, beberapa penjaja ayam goreng di Jogja sungguh-sungguh tidak boleh dilewatkan.

Kebanyakan, ayamnya sudah diungkep (direbus dengan bumbu) sebelum kemudian digoreng. Hasilnya adalah ayam goreng yang renyah di luar, empuk di dalam. Sambal goreng manisnya merupakan pendamping yang sangat cocok untuk ayam goreng jenis ini.

Cara lain untuk menyiapkan ayam sebelum digoreng adalah dibacem. Ayam goreng jenis ini sangat khas, dengan citarasa yang juga sangat unik.

Ayam Goreng mBok Sabar > Jl. Jagalan 23A, 588467: Ayam bacem goreng yang sungguh istimewa. Sambalnya juga mantap.

RM "Ibu Suharti" > Jl. Laksda Adisutjipto 208, 484522, 484512: Bermula dari warung kecil, kini "Ibu Suharti" sudah merupakan waralaba nasional dengan gerai di seluruh Indonesia. Mutu ayam gorengnya sudah dikenal luas.

Ayam Goreng "Lombok Idjo" > Jl. Laksda Adisutjipto 22, 519603, 519604: cabang dari rumah makan ayam goreng di Semarang yang sedang laris dan naik daun. Top markotop!

Ayam Panggang Klaten > dijajakan oleh Mbah Purwo dengan tenong digendong, sering mangkal di depan Toko Maju Jaya, Malioboro: Ayam panggang yang harum dengan santan yang mlekoh. Bagi saya pribadi, ayam panggang klaten adalah yang paling mak nyuss! Aroma maupun citarasanya luar biasa.

Ayam Panggang Tiga Berku > Jl. Ki Penjawi 6, Kotagede, 377345: ayam panggang gagrak Klaten yang memakai areh (santan kental). Harum, gurih dan mak nyuss!

Burung Dara Goreng SBTB (Sebelah Barat Terang Bulan) > Jl. Malioboro, dekat Pasar Beringharjo, 518565, 0815 6870064: Sangat mungkin merupakan burung dara goreng paling enak di Jogja. Tersedia juga nasi gudeg sebagai pendamping, serta ayam goreng dengan kualitas yang juga istimewa.

Cak Koting & Bu Meti >
Jl. Dr. Sutomo (depan Bioskop Mataram), 566773: Bebek goreng a la Madura di warung ini sangat gurih dan empuk. Bila kurang suka bebek, juga tersedia ayam goreng dengan bumbu dan cara penyajian yang sama.
(rin/dev)


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).