detikfood
Jumat, 26/11/2010 18:33 WIB

Sensasi Unik Telur Ikan Terbang

Devita Sari - detikFood
Daging & Daging Olahan
  • Baso YANGINI,
  • Abon Ikan Cap Y & D
  • Abon Ikan Cap Rumah Besar
Vitamin
Susu, Keju dan Es Krim
thumbnail Foto: Tobiko (detikfood)
Penikmat sushi pastinya sudah tidak asing dengan bahan makanan yang berasal dari telur ikan terbang ini. Bentuknya bulat seperti mutiara namun dalam versi mungil berwarna oranye menyala transparan. Penampilannya tak hanya cantik tapi rasanya juga unik dan enak.

Telur ikan terbang atau flying fish roe biasa dikenal dengan sebutan 'tobiko'. Bentuknya seperti butiran kecil dengan warna oranye menyala yang unik. Biasanya tobiko populer digunakan sebagai salah satu bahan dalam pembuatan makanan Jepang khususnya sushi.

Dalam hidangan sushi, tobiko biasanya digunakan sebagai topping sushi roll dan biasanya ditemukan pada California Rolls atau Kani Rolls. Kini tobiko tak hanya ditemukan dengan warna oranye tetapi kini ada warna hijau, hitam, dan oranye pucat. Warna hitam diperoleh dari wijen hitam atau tinta cumi-cumi, sedangkan warna hijau biasanya diperoleh dari wasabi.

Belakangan tobiko juga sering digunakan dalam berbagai masakan lainnya baik sebagai topping maupun isi. Banyak yang bilang tobiko merupakan versi murah dari caviar. Oleh karena itu kini tobiko juga populer di antara para di chef Amerika sana.

Menyantap tobiko merupakan pengalaman yang sangat menyenangkan. Saat butiran kecil telur ikan terbang tersebut masuk ke dalam mulut dan dikunyah, ledakan butiran telur ikan menjadi sensasi yang menyenangkan di dalam mulut. Cita rasa tobiko yang sedikit manis dan asin menjadi menjadikan makanan terasa lebih lezat. Gak percaya? Buktikan saja sendiri!

(Odi/dev)


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).