detikfood
Rabu, 20/10/2010 16:48 WIB

Silica Gel, Si Bening Pengering Makanan

Eka Septia Wulan - detikFood
Susu, Keju dan Es Krim
  • Bonigrasa whey powder
  • DMine
  • Nichojess
Susu dan Makanan Bayi dan Balita
Mie Instan
thumbnail Foto: wln/detikfood
Beberap diantara Anda mungkin belum kenal dengan butiran mungil ini. Biasanya ditemukan di dalam makanan yang dikemas dalam kaleng. Berfungsi sebagai pengawet, namun cukup aman terhadap makanan. Sebenarnya apa sih silica gel ini?

Kalau Anda membeli makanan kemasan seringkali menjumpai benda yang satu ini. Silica gel, biasanya dibungkus dalam kantung-kantung kecil yang berisi butiran-butiran silica. Silica gel ini dibuat secara sintetis dari natrium silikat. Meskipun namanya silica gel, bentuknya tidak berupa gel melainkan butiran padat.

Silica gel ini berfungsi sebagai 'pengering' dalam kemasan. Agar terhindar dari lembab dan timbulnya jamur pada makanan. Karena silica gel ini memiliki permukaan yang berpori sehingga mampu menyerap molekul air. Butiran-butiran silica gel dikemas dalam kantung-kantung plastik kecil berukuran 2x4cm atau lebih kecil.

Silica gel ini cukup aman digunakan sebagai pengawet makanan. Selama petunjuk penggunaannya diperhatikan. Silica gel ini cukup mudah ditemukan, biasanya dijual di toko bahan kue. Harganya pun cukup terjangkau, bisa dibeli sesuai keperluan. Ingin beli yang sudah dikemas perbungkus atau dalam partai besar juga bisa.

Jika Anda ingin mengirimkan makanan dalam jumlah yang banyak dan khawatir makanan tersebut rsauk dalam perjalanan, bisa menggunakan silica gel ini.

(Odi/eka)


Baca Juga

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).