detikfood
Kamis, 30/09/2010 17:40 WIB

Kini Hadir Mozzarella Instan!

Devita Sari - detikFood
Rumah Potong Hewan
  • RPH Itik Bebek
  • Delfarm Pineapple Pie
  • Uenaaak Pao Pandan Lapis Coklat
Minyak, Emulsi dan Lemak
Lain-lain
thumbnail Foto: dev/Detikfood
Sesuatu yang serba instan bukan merupakan hal baru termasuk dalam industri makanan. Setelah heboh tepung premix, kini giliran mozzarella premix. Mozzarella yang satu ini bukan cuma mudah dibuat bahkan tekstur dan rasanya pun nyaris menyerupai aslinya.

Tidak dapat dipungkiri keju mozzarella dari Italia yang terkenal di seluruh dunia ini banyak sekali dipakai dalam industri makanan. Mozzarella banyak dipakai sebagai topping berbagai makanan seperti pizza, salad, serta produk bakery. Mozzarella pada umumnya yang terbuat dari susu sapi atau susu kerbau. Warnanya kuning pucat dan jika dipanggang meleleh mulur seperti permen karet

Selama ini mozzarella dikenal merupakan salah satu bahan baku yang terbilang mahal. Oleh karena itu seringkali keju ini menimbulkan 'cost' yang cukup besar bagi produsen makanan. Sebagai solusi, sebuah produsen bahan makanan asal India, Mahaan Proteins Ltd. Belum lama ini meluncurkan sebuah produk mozzarella premix atau mozzarela imitasi.

Mengapa disebut imitasi? Sebab mozzarella instan ini bukan terbuat dari susu keju atau susu kerbau asli. Melalui riset secara terus-menerus, akhirnya Mahaan berhasil menciptakan Mozzarella Premix yang merupakan formulasi dari Rennet Casein yaitu hasil premix emulsifier dan stabilisator.

Yang satu ini hadir dalam bentuk bubuk seperti tepung yang dikemas dalam sebuah toples kecil. Cara pembuatannya pun mudah yaitu bubuk tersebut tinggal ditambahkan air dan minyak dalam takaran tertentu lalu dipanaskan dan diaduk. Hasilnya tercipta keju berwarna kuning keputihan dengan tekstur lembut, kenyal, dan segar nyaris menyerupai mozzarella aslinya.

Selain itu teksturnya yang lentur membuatnya tidak hancur saat diparut dengan rasa yang gurih. Selain simpel, cepat dan lebih murah, mozzarella premix ini juga terbukti memberikan hasil konsisten saat digunakan terhadap produk makanan. Nah, para produsen makanan tertarik mencoba?

(Odi/dev)


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).