detikfood

Selasa, 07/09/2010 13:54 WIB

Yuk, Berbuka dengan Buah Segar!

Odilia Winneke - detikFood
Yuk, Berbuka dengan Buah Segar! Foto: capeannmarina.com
Berbuka puasa tak harus dengan kolak atau bubur yang manis. Buah segar ternyata lebih mudah dicerna dan bisa memulihkan energi seketika. Apalagi jika dimakan dalam keadaan segar. Khasiat serat, viatamin dan mineralnya dijamin bikin segar!

Memakan buah dan sayuran segar seharusnya lebih bagus karena enzim yang ada dalam makanan mentah membantu penyerapan makanan dalam tubuh. Buah segar tidak hanya sehat tetapi juga memiliki khasiat obat yang bisa dipakai menyembuhkan penyakit. Dengan makan buah segar tiap hari, asupan gizi menjadi lebih seimbang dalam tubuh.

Saat tubuh memakai oksigen untuk kegiatan sehari-hari ada sejumlah radikal bebas yang dilepaskan yang sangat berbahaya bagi sel-sel tubuh. Produksi radikal bebas bisa berkaitan dengan penyakit, polusi, penuaan dan gizi buruk. Dampaknya terlihat jelas pada tubuh yang terkena diabetes, kanker, rambut rontok atau kekebalan tubuh yang turun.

Buah kaya akan vitamin dan mineral juga phytochemical yang berfungsi sebagai antioksidan. Jadi dengan memakan buah secara teratur dan mencegah dan menyembuhkan banyak penyakit. Buah juga tak mengandung kolesterol. Rendah sosium dan lemak sehingga mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

Buah juga kaya akan serat, vitamin C dan asam folic. Vitamin C penting untuk pertumbuhan dan perbaikan sel tubuh. Membantu menyembuhkan luka dan menjaga gigi dan gusi tetap sehat. Asam folic membantu tubuh dalam membentuk sel darah merah dan mencegah anemia. Mengkonsumsi banyak potassium membantu jantung tetap sehat. Buah yang kaya potassium antara lain pisang, prune, peach, aprikot, mulbery dan jeruk.

Serat alami pada buah berfungsi menjaga tekanan darah dan memperkecil resiko penyakit jantung koroner. Serat juga penting untuk fungsi ginjal. Buah juga kaya akan serat yang larut air. Serat ini membuat kita merasa kenyang dalam waktu lama sehingga cocok dikonsumsi saat berpuasa.

Yang penting diingat, buah segar utuh lebih kaya serat dibandingkan dengan buah potong atau jus buah. Karena itu sebaiknya makan buah dalam keadaan utuh. Saat Anda mengupas, membuang bijinya dan memotong, banyak nutrisi penting yang ada di kulit atau biji ikut hilang. Garam yang ada pada buah memiliki asam organik yang memproduksi alkaline carbonate. Jadi jika rutin makan buah tubuh akan terbebas dari racun.

Jangan mengupas buah karena rasa dan nutrisinya akan ikut hilang. Kulit buah merupakan tempat yang terkena sinar matahari dan membentuk berbagai pigmen warna yang menyerap gelombang sinar yang berbeda. Jadi, lebih baik mengkonsumsi buah dalam keadaan utuh dari pada dipotong atau dikupas. Usahakan sebisa mungkin (untuk jenis buah tertentu) untuk memakan buah segar dalam keadaan utuh agar khasiatnya lebih dahsyat buat tubuh!

(Odi/eka)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan