detikfood
Rabu, 11/08/2010 14:40 WIB

Praktis & Gurih, Santan Siap Pakai

Odilia Winneke - detikFood
Mie Instan
  • Yumi
  • Cangak Ular
  • Bihunku
Bumbu-bumbu (Saos, Kecap, dll)
Vitamin
thumbnail Foto: www.turtlemountain.com
Jika tak mau repot memarut kelapa dan memeras santan, kini ada banyak pilihan santan siap pakai. Rasa dan aromanya sama dengan santan segar. Harganya juga realtif murah. Bagaimana menyiasti pemakian beragam santan instan ini?

Di saat bulan puasa nyaris semua makanan dan kue dibuat dengan campuran santan. Dari jajan pasar, aneka bubur hingga gulai. Paling ideal tentunya memakai santan segar yang dibuat dari kelapa segar yang diparut dan diperas airnya.

Karena kurang praktis alias merepotkan maka banak dibuat santan instan alias santan dadak. Santan ini dibuat dari santan segar yang diproses di pabrik. Yang berbentuk cair, ada yang dikemas dalam kalengan dan karton tetrapak. Ada juga yang dikeringkan menjadi bentuk bubuk.

Untuk jenis yang cair dan dikemas dalam karton, biasanya dicantumkan info tentang cara pemakaiannya. Berapa bagian air yang harus ditambahkan untuk mendapatkan santan encer dan santan kental. Sedangkan untuk kemasan kaleng, sudah dikemas terpisah, ada yang berupa santan kental dan ada yang berupa santan encer. Tinggal membeli yang sesuai dengan jenis santan yang diinginkan.

Jenis santan bubuk dikemas dalam kemasan aluminium. Santan bubuk ini tinggal ditambahkan air sesuai dengan tingkat kekentalan santan yang diinginkan. Biasanya dilarutkan dalam air hangat sehinga butiran santan bubuk mudah larut.

Untuk ketiga jenis santan ini yang penting diperhatikan adalah kondisi kemasan. Pilih kemasan yang utuh, bersih dan tidak robek atau rusak. Perhatikan tanggal kadaluwarsa yang tercantum dalam kemasan. Yang penting diingat santan instan tidak bisa sesegar dan seputih santan segar karena santan instan biasanya ditambahkan bahan-bahan pengental dan aroma serta proses pemanasan dan pemasakan.

(Odi/dev)


Baca Juga
 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).