detikfood
Jumat, 16/07/2010 18:31 WIB

Emulsifier, si Pelembut dan Pengembang Kue

Eka Septia Wulan - detikFood
Minyak, Emulsi dan Lemak
  • TRHPO
  • FORTUNE FRYING
  • DENOIL
Lain-lain
Sayuran dan Olahannya
thumbnail Foto: wln/detikfood
Sering bermasalah saat membuat cake atau bolu? Adonan tidak mengembang ataupun tekstur kue yang kasar? Bagi Anda yang masih pemula, bisa menggunakan bahan tambahan pembuat kue ini. Tak perlu takut adonananya tidak mengembang ataupun hasil kue jadi bantat. Coba saja!

Membuat kue kadang jadi acara yang mengasyikkan di akhir pekan. Mencoba bermacam-macam resep yang sudah dikumpulkan dalam sepekan. Tapi terkadang kesal dengan hasilnya yang kurang memuaskan, mulai dari kue yang bantat, adonan tidak mengembang, ataupun tekstur kue yang tidak lembut.

Bagi Anda yang masih pemula, mungkin bisa menggunakan salah satu tambahan makanan ini. Emulsifier atau yang lebih dikenal dengan pengembang adonanan ini biasa digunakan untuk membantu mengembangkan adonan cake ataupun bolu. Karena sifatnya emulsifier ini berfungsi untuk mengikat udara dalam adonan sehingga membuat tekstur kue jadi halus lembut.

Kalau dulu saat membuat kue bahan yang digunakan harus dimasukkan secara bertahap, tapi dengan emulsifier Anda bisa memasukkan semua bahan dalam satu waktu. Anda hanya tinggal menunggu adonan di kocok hingga mengembang. Emulsifier dijual di pasaran dalam beragam jenis merk dagang. Contoh emulsifier yang sering digunakan adalah ovalet dan jugua TBM. Tapi kini banyak jenis baru hadir, seperti Strakies, Quick, Ryoto, dll.

(Odi/eka)


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).