detikfood
Selasa, 22/06/2010 15:31 WIB

Kriuk... Kriuk si Biji Ketapang

Odilia Winneke - detikFood
Susu, Keju dan Es Krim
  • Bonigrasa whey powder
  • DMine
  • Nichojess
Makanan Ringan, Bakery dan Bahan Roti
Kosmetik
thumbnail Foto: www.lovetobite.wordpress.com
Kue legendaris dari dapur Betawi ini memang muncul dihari-hari istimewa. Bentuknya kecil pipih mirip biji ketapang. Rasanya agak keras-keras renyah dan manis. Suaranya kriuk.. kriuk saat dikunyah. Percayalah sekali makan kue buatan encing dan encang ini dijamin kagak bisa berhenti!

Pernah melihat pohon ketapang? Pohon rindang berdaun lebar dan tinggi ini banyak terdapat di tepi jalan-jalan besar Jakarta di masa lalu. Pohon ini mempunyai buah yang kulitnya keras. Bentuk bulat dengan ujung yang runcing, isinya berwarna  putih seperti almond dengan rasa gurih renyah.

Biji ketapang ini disebut juga dengan almond Malabar atau almond Singapura. Karena banyak tercecer di jalanan maka biji ketapang sering dipungut untuk dimakan. Karena itulah orang Betawi saat membuat kue kering membentuknya runcing kecil mirip biji ketapang.

Kue ini terbuat dari tepung terigu, telur, gula dan mentega. Adonan kemudian dibentuk silinder panjang dan dipotong miring hingga kedua ujungnya runcing. Potongan adonan ini kemudian digoreng kering. Rasanya sedikit keras, renyah dengan rasa manis-manis gurih.

Saat ini kue ini sudah tidak banyak dijual. Umumnya dibuat oleh masyarakat Betawi untuk acara istimewa seperti Lebaran atau acara pernikahan. Kue ini biasanya ditaruh dalm stoples berutup dengan hiasan kertas minyak warna-warni.

Beberapa orang Betawi ada yang menjualnya di hari-hari Lebaran dengan harga relatif mahal, sekitar Rp. 40.000,00 per kg. Karena umumnya orang tidak telaten lagi membuat kue biji ketapang ini. Dengan tetap mengunyah kue yang renyah-renyah gurih ini kita bisa ikut melestarikan kuliner Betawi.

(Odi/dev)


Baca Juga
 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Must Read close