detikfood
Jumat, 09/04/2010 11:04 WIB

Makan Siang Enak

Harum Gurih si Swike Purwodadi

Odilia Winneke - detikFood
Susu dan Makanan Bayi dan Balita
  • Flakes Makanan Tambahan usia 2-5th
  • Susu Pertumbuhan 6-12 Bulan Rasa Vanilla
  • Susu Pertumbuhan 1-5 Tahun Rasa Vanilla
Flavor
Obat-obatan
thumbnail Credit: Detikfood
Jika Anda gemar makan kodok, siang ini boleh menghangatkan badan dengan sajian kodok dari Jawa Tengah. Paha kodok diolah dengan bumbu tauco yang wangi gurih dengan kuah agak kental. Enak disuap dengan nasi hangat plus sambal rawit. Dijamin kenyang dan segar!

Swike merupakan salah satu olahan daging kodok gaya Cina yang banyak dijajakan. Dari kelas restoran hingga warung makan kaki lima. Daerah Purwodadi merupakan salah satu daerah di Jawa Tengah yang terkenal dengan olahan ini. Maklum saja, karena kodok sawah yang jadi bahan utama banyak ditemui di daerah ini.

Yang diolah biasanya bagian paha kodok saja. Bagian badan dan kepala yang kecil tak berdaging tidak ikut diolah. Justru lidah kodok sering ditambahkan dalam racikannya. Bumbunya hanya bawang putih dan tauco saja. Karena itu rasanya dominant gurih.

Kuah yang kecokelatan dan paha kodok yang montok biasanya dilengkapi dengan sambal rawit plus taburan kucai atau daun bawang. Hmm... setelah diaduk dengan sedikit nasi dna kuahnya jadi nyemek alias sedikit basah, rasanya jadi makin dahsyat.

Paha kodok gampang dimakan karena dagingnya mudah dilepaskan. Karena itu jangan khawatir kerepotan memakannya. Swike biasa dimakan dengan nasi putih dan beberapa warung makan menyediakan pepes telur kodok sebagai pelengkapnya.

Jika ingin mencicipi swike khas Purwodadi, siang ini mampir saja ke salah satu rumah makan berikut ini.

Swike Purwodadi Bu Tatik
Jl. Pesanggrahan no. 8
Jakarta Barat
Telpon: 021-5874162Next

(Odi/dev)

Halaman 1 2

 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Must Read close