detikfood
Senin, 05/04/2010 16:47 WIB

Empuk Gurih Ayam Goreng Tulang Lunak

Eka Septia - detikFood
Bumbu-bumbu (Saos, Kecap, dll)
  • Unifood Kentucky Hot
  • Unifood Kentucky
  • Unifood Rempeyek
Flavor
Daging & Daging Olahan
thumbnail
Mendengar bandeng duri lunak, itu sih biasa. Bagaimana kalau kali ini ayam bertulang lunak? Hmm..ini belum biasa bukan? Ayam goreng yang populer di Jogja kini hadir di Jakarta. Dagingnya empuk gurih hingga ke bagian tulangnya. Sepotong ayam goreng pun bisa licin tandas tanpa ada sisa!

Ayam goreng kremes memang cukup tersohor di Jogja, pelopor utamanya adalah Ayam Goreng Suharti. Ayam goreng yang dimasak dengan cara tradisional ini membuat tulang ayamnya empuk dan bisa dimakan. Kini tak hanya ayam goreng milik Ibu Suharti saja yang menyajikan ayam goreng tulang lunak. Sebuah rumah makan di bilangan Cilandak ternyata menyajikan ayam goreng dengan tulang lunak plus dengan kremesnya.

Jalan TB Simatupang yang cukup padat merayap siang tadi akhirnya menggiring saya masuk ke rumah makan ini. Lokasinya mudah sekali ditemukan, berada di pinggir jalan raya TB simatupang tepat di sebelah kiri sebelum perempatan mengarah ke Ampera. Rumah makan yang tidak begitu besar ini hanya berisi tujuh buah meja kayu sederhana.

Disetiap meja sudah tersedia daftar menu yang bisa langsung saya baca. Karena yang di tonjolkan warung ini adalah ayam kremes tulang lunaknya, tanpa pikir panjang lagi saya pun memesannya. Pepes ikan bandeng duri lunak dan sayur asem Cilandak juga tak ketinggalan.

Tak butuh waktu lama, semua pesanan saya pun datang. Ukuran ayam goreng tulang lunak agak kecil, tidak sebesar yang saya harapkan. Taburan kremesnya tidak terlalu royal namun tetap gurih renyah, kres..kres! Dagingnya empuk mudah sekali dikoyak dengan garpu. Uap panas menyembul keluar menebarkan bau harum yang menggelitik hidung. Benar saja, tulangnya sangat mudah digigit, renyah seperti adonan tepung biasa.

Dicocol dengan sambal goreng, rasanya jadi semakin enak. Sambalnya tidak segarang penampilannya. Sayur asem Cilandak ini tidak seperti sayur asem Betawi tapi juga tidak seperti sayur asem gaya Jawa. Kuahnya cokelat butek tanpa menggunakan oncom. Rasa kuahnya sedep, royal bumbu. Dihirup bersama dengan nasi, hmm..nyam..nyam enak!

Sayangnya, nasi uduknya menurut saya agak sedikit lembek. Tidak seperti nasi uduk yang sering saya temui yang butiran nasinya terpisah-pisah. Selain ayam goreng yang bisa dimakan tulangnya, pepes ikan bandeng pun tak kalah sedap rasanya. Durinya tentu saja bisa di makan juga. Dagingnya empuk lembut, bumbunya meresap hingga ke bagian dalam dan sama sekali tidak berbau lumpur. Karena pepes ikan bandeng ini dibakar sebelum disajikan, sehingga tercium bau sangit di beberapa bagian. Meskipun begitu, rasanya tetap enak!

Harga yang harus saya bayar pun terbilang ramah di kantong. Untuk ayam goreng kremes tulang lunak dihargai Rp 8.000,00 Sayur asem Cilandak Rp 2.500,00 semangkuk, dan Rp 9.000,00 untuk pepes ikan bandengnya. Kalau sedang berada di kawasan Cilandak, tak ada salahnya mampir ke rumah makan ini.

RM.Cilandak
Ayam Goreng Tulang Lunak & Nasi Uduk Jakarta
Jl.TB Simatupang No.18
Cilandak, Jakarta Selatan
Telp: 021-99957576
(Odi/eka)


Baca Juga
 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Must Read close