detikfood
Rabu, 17/03/2010 15:33 WIB

Resep Ayam Goreng Krispy

Devita Sari - detikFood
Minuman dan Bahan Minuman
  • Bluestar
  • Sapphire Springs
  • Monair
Rumah Potong Hewan
Lain-lain
thumbnail Credit: Detikfood
Saya kesulitan membuat ayam goreng tepung yang rasanya crispy seperti yang dijual di restoran-restoran. Bagaimana ya caranya, apakah ada yang memiliki resepnya?

Tanya:

Mau minta tolong bantuan nih, ada yang tahu resep atau caranya bikin ayam goreng tepung yang crispy? Soalnya setiap kali saya buat kok nggak renyah ya tepungnya seperti yang dijual di gerobak-gerobak atau di KFC? [Anastasia B]

Terima kasih

Jawab:

Perbandingannya 1\4 tepung terigu dgn 1\4 tepung beras. Telur 2 butir kuningnya saja ditambah masako saset rasa ayam. Ditambah garam secukupnya. Dikocok hingga merata. Kemudian ayam dicelupkan kemudian di goreng hingga matang. [Dede]

Tasia, pernah pake tepung sasa seperti iklannya Chef Farah Quinn? Cobain dech aku sih bikin bisa crispy tuch. Pertama sebagian tepung dicampur air es dan sesudah itu baru dicelupkan ke tepung yang kering trus goreng deh. Aku pernah juga pake tepung kobe untuk super crispy. Sama juga hasilnya. Cobain deh! [Liana]

Hi Tasia kalau seperti di KFC wah susah, kalau ukuran abang-abang yang dipinggir jalan sih mungkin masih bisa ya. Aku pernah ngintip mereka bikin dan pernah coba buat juga. Caranya tepung bumbu khusus ayam goreng dibagi menjadi dua tempat, 1/4 untuk adonan basah yaitu tepung campur air seperti adonan buat pisang goreng tetapi lebih encer sedikit dan sisanya untuk adonan kering.

Pertama ayam yang sudah di potong-potong (pakai tulang atau fillet ) diberi garam dan lada sedikit supaya nanti tidak tawar rasanya sisihkan. Buat adonan basahnya, celupkan ayam ke adonan basah lalu masukan ke adonan tepung kering sambil di remas-remas (agar membentuk tekstur kasar sampai tepung melekat.

Setelah itu ulang kembali prosesnya celupkan ayam ke adonan basah lalu ke adonan kering lagi dan remas-remas. Proses berulang sampai ayam terbalut tepung agak tebal lalu tepuk-tepuk agar tepung yang tidak nempel jatuh. Goreng ayam dalam minyak sampai kuning kecoklatan memakai api sedang dan prosesnya agak lama agar daging ayam yang didalamnya ikut matang. Semoga aja krispy mirip KFC. Selamat mencoba! [Wina]

Ayam Goreng ala KFC

Bahan:
1 ekor  ayam negeri, potong 8  ( berat ayam lk. 1 Kg )
1 sdt   garam
1 sdm   chicken powder
½ sdt   lada halus
½ sdt   vetsin
 
Tepung Bumbu:
1 kg    tepung terigu protein sedang
2 sdm   tepung sagu
6 gr    soda kue
1 sdt   garam
1 sdt   chicken powder
1 sdt   lada halus
 
Bumbu Celupan:
1 btr   putih telur
1 sdm   chicken powder
500 ml  air
 
Cara membuatnya:
1. Taruh ayam dalam baskom, taburi bumbunya, sisihkan. Biarkan 15 menit hingga bumbu meresap.
2. Bumbu Celup: kocok putih telur hingga encer dengan garpu atau whisk, beri chicken powder, aduk rata, tuangi air. Sisihkan.
3. Tepung bumbu: campur semua bahan menjadi satu, aduk rata.
4. Penyelesaian: Ambil 1 potong ayam, gulingkan pada tepung bumbu sebentar, lalu celupkan dalam bumbu celupan sebentar saja, angkat dan gulingkan lagi dalam tepung bumbu sambil tepungnya dipadatkan pada ayam. Lakukan untuk semua ayam.
5. Panaskan minyak, goreng ayam hingga kuning kecoklatan. Angkat, tiriskan. Sajikan. [Zuhartini]

Dari pertanyaan diatas nampaknya email dari Ibu Zuhartini bisa dibilang mendekati pertanyaan yang diajukan oleh Anastasia.
(Odi/dev)


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).