detikfood
Rabu, 17/02/2010 10:35 WIB

Makan Siang Enak

Anget-Anget Sedep Mangut Iwak Pe

Eka Septia - detikFood
Bumbu-bumbu (Saos, Kecap, dll)
  • Unifood Kentucky Hot
  • Unifood Kentucky
  • Unifood Rempeyek
Vitamin
Lain-lain
thumbnail Credit: allaboutmgl.blogspot.com
Meskipun sederhana ikan yang dimasak dengan santan ini punya rasa yang istimewa. Rasanya gurih-gurih nikmat dengan haum aroma sangit yang menggoda selera. Hmm..dimana bisa ditemui?

Meskipun pertengahan bulan seperti ini, bukan berarti harus menghindari makanan enak kan? Coba deh menu makan siang kali ini, mangut iwak pe. Iwak Pe atau ikan pari mungkin belum terlalu akrab di telinga ataupun di lidah.

Tapi kalau sudah mencobanya, hmm..dijamin bisa ketagihan dibuatnya! Daging ikan pari yang sudah dimatangkan dengan cara di asap kemudian dimasak dengan ditambahkan santan dan juga bumbu-bumbu lainnya selalu saja bikin ketagihan. Ikan pe atau ikan pari asap ini banyak didapat di daerah pantura. Potongan ikan pari yang kenyal kulitnya diasap hingga matang.

Dimasak dengan santan kental, bawang merah, bawang putih, cabai dan kunyit. Tambahan lainnya bisa labu siam dan tahu goreng plus pete. Setelah dimasak lama dan mengental tentu saja kuahnya jadi gurih-gurih pedas. Cukup dimakan dengan nasi hangat!

Rasanya sedikit sangit karena bau asap dari daging ikannya. Justru ini yang bikin rasanya makin enak dan sedap! Mangut iwak pe sering kali dijumpai di rumah makan Jawa Tengah-an. Tapi tidak terlalu banyak rumah makan yang menyajikan menu special ini. Berikut adalah daftar rumah makan yang menyediakannya dan bisa Anda kunjungi siang ini.


Rumah Makan Yogya
Jl. Tebet Barat Dalam VII/27, JAKSEL, telpon (021) 829 2519

Gudeg Yogya Ibu Tuty
Jl.Jagakarsa Raya (depan pabrik ubin)

Warung Pati
Jl.Tebet Timur Dalam
Telp : 081385272522
(Odi/eka)


Baca Juga
 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).