detikfood
Selasa, 16/02/2010 16:10 WIB

Manis Renyah Opak Karamel

Eka Septia - detikFood
Makanan Ringan, Bakery dan Bahan Roti
  • Nofrills
  • Air Mancur
  • Kuda
Daging & Daging Olahan
Minyak, Emulsi dan Lemak
thumbnail
Ingin camilan yang berbeda hari ini? Bagaimana kalau Anda mencoba opak yang satu ini. Selain gurih, belaian lembut caramel yang manis legit bikin rasa opak jadi unik. Kres..kres.. gurih dan manis jadi satu!

Selalu saja menemukan makanan-makanan yang berbeda tiap kali berkunjung ke pasar. Kali ini saya menemukan opak karamel di salah satu pasar lama di bilangan Tangerang. Opak Caramel namanya. Sepintas memang tak ubahnya seprti opak-opak yang banyak dijual di pasar.

Tapi saat dicicip, opak ini memiliki rasa yang cukup unik. Unik karena biasanya, opak yang saya tenui memiliki rasa yang asin gurih. Tapi opak ini memiliki rasa manis dan gurih yang menjadi satu. Opak ini terbuat dari adonan tepung beras yang kemudian dibakar atau dipanggang. Sehingga meninggalkan jejak sedikit kecokelatan pekat di beberapa bagian.

Setelah opak matang, lelehan karamel atau gula yang sudah dicairkan ditaruh diantara dua buah opak. Sehingga menyerupai roti isi. Opak ini sangat mudah hancur, sehingga kalau Anda membeli dalam jumlah yang banyak pastikan ditaruh dalam posisi yang tepat. Jika tidak, tentu saja opak ini tidak akan utuh lagi. Harga opak caramel ini cukup murah, Rp 9.000,00 Anda sudah mendapatkan sebungkus opak berisi 10 tangkup.

(Odi/eka)


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Must Read close