detikfood
Kamis, 21/01/2010 16:10 WIB

3 Makanan Penangkal Nyeri Lutut

Devita Sari - detikFood
Restoran
  • Bananamia Pisang
  • Bananafries Pisang
  • D' Bananoz Pisang
Sayuran dan Olahannya
Daging & Daging Olahan
thumbnail Credit: eatingwelldotcom
Jutaan orang menderita kaku dan nyeri lutut akibat osteoarthritis . Apakah Anda termasuk diantaranya? Mungkin semua cara sudah pernah dilakukan seperti olah raga, mengurangi berat badan, hingga operasi. Kini sebuah penelitian menunjukkan cara lebih efekif untuk meringankan penyakit lewat makanan. Penasaran?

Jika Anda merupakan salah satu penderita kaku dan nyeri lutut jangan anggap spele info yang satu ini. Mungkin segala cara sudah pernah Anda lakukan untuk meringankan rasa sakit. Mulai dari rajin berolah raga, melakukan penurunan berat badan agar beban tubuh tak terlalu berat, bahkan hingga penyuntikan steroid dan melakukan operasi.

Dari riset yang dilakukan oleh Oklahoma State University, disimpulkan bahwa ada cara yang lebih mudah untuk menangkal rasa sakit ini. Kuncinya adalah dengan rajin mengkonsumsi 3 jenis makanan tertentu. Apa saja?

Kacang Kedelai
Orang yang menderita nyeri lutut cenderung mengalami rasa tidak nyaman berlebih sehingga mengunakan obat-obatan peringan rasa sakit. Namun kini hal tersebut tak perlu lagi dilakukan. Seperti yang dilansir Reader's Digest, sebuah riset telah dilakukan oleh Oklahoma State University.

Hasil studi menunjukkan hal positif dari para relawan nyeri lutut yang mengkonsumsi minuman kacang kedelai bubuk yang mengandung 40 gram protein. Para relawan mengkonsumsi kacang kedelai berprotein setiap hari selama 3 bulan. Hasilnya rasa sakit berkurang dan penggunaan obat-obatan peringan rasa sakit pun mengalami penurunan. "Selain itu susu kacang kedelai, edamame, dan burger kacang kedelai juga memiliki manfaat yang sama jika dikonsumsi secara rutin," jelas Bahram H. Arjmandi, PdD selaku salah satu peneliti.

Buah-Buahan
Menurut studi yang dilakukan di Australia terhadap 293 orang dewasa, makan banyak buah-buahan dapat mengurangi resiko luka pada sumsum tulang - dimana hal ini menjadi penyebab memburuknya penyakit osteoarthritis pada lutut dan menimbulkan rasa sakit. Buah-buahan yang merupakan sahabat tulang lutut adalah buah yang mengandung banyak vitamin C, seperti jeruk, kiwi, mangga, anggur, dan pepaya. Para peneliti menduga vitamin C tersebut dapat melindungi sendi lutut dan memperkuat strukturnya.

Ikan
Banyak studi telah membuktikan bahwa ikan dan minyak ikan dapat menghilangkan rasa sakit dan luka akibat radang sendi. Sekarang sebuah studi memperlihatkan bahwa asam omega-3 lemak yang ditemukan pada ikan diyakini dapat mengisolasi masuknya zat kimiawi yang menyebabkan peradangan osteoarthritis . Oleh karena itu penderita nyeri lutut disarankan untuk mengkonsumsi minyak ikan (seperti mackerel dan salmon) setiap minggu atau mengkonsumsi 1 gram omega-3 kapsul setiap hari," terang peneliti Artemis P Simopoulos, MD.

(Odi/dev)


Baca Juga
 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).