detikfood

Senin, 11/01/2010 16:09 WIB

Bangket, Kue Khas Dari Kepulauan Riau

Devita Sari - detikFood
Bangket, Kue Khas Dari Kepulauan Riau
Kue mungil yang terbuat dari bahan utama tepung sagu ini rasanya memang enak. Kue kering ini dibentuk dengan cetakan seperti bunga. Jika dulu kue bangket tampil polos, kini tambahan keju plus aneka topping membuatnya makin variatif dan kaya rasa. Siapa mau coba?

Kue bangket yang berwarna cokelat cenderung putih ini sebernanya tak sulit dijumpai. Meski begitu tak banyak pula yang mengetahui nama dan dari mana kue ini berasal. Nah, jika Anda sering melihat kue yang biasanya berbentuk bunga ini di pasar maka itulah yang disebut kue bangket.

Kue asal kepulauan Riau ini memang sekilas mirip kue semprit sagu. Tak heran karena bahan utama keduanya adalah tepung sagu. Untuk pembuatan kue bangket tergolong sederhana alias tak sulit. Yang dibutuhkan selain tepung sagu adalah telur, santan, baking powder, dan soda kue.

Setelah adonan digilas rata dengan ketebalan sekitar 0,5cm barulah kemudian dicetak dengan menggunakan ring cetak. Biasanya yang dipakai adalah ring cetak berbentuk bunga, meskipun kini sudah banyak bentuk lainnya seperti gambar hati misalnya. Seiring waktu berbagai modifikasi kue bangket pun banyak ditemui seperti tambahan topping berupa kismis atau kacang almond, dsb.

Kue bangket ini karena terbuat dari sagu rasanya cuku unik. Saat masuk ke dalam mulut hmm... kue pun serasa melumer menciptakan sensasi unik saat dinikmati. Nyam... nyam!

(Odi/dev)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan