detikfood
Kamis, 19/11/2009 18:36 WIB

Cetakan Martabak Manis

Devita Sari - detikFood
Ikan dan Produk Olahannya
  • YANGINI BASO IKAN
  • VINISI
  • Tepung Ebi
Flavor
Mie Instan
thumbnail Cetakan Martabak
Rahasia membuat martabak yang empuk, bersarang, dan mentul-mentul ternyata bukan hanya terletak pada adonannya saja. Cetakan martabak pun memiliki peranan tak kalah penting. Seperti apa cetakan martabak yang baik sehingga bisa menghasilkan martabak yang lembut di dalam dan crispy diluar. Mau tahu?

Seringkali kita kecewa saat membuat martabak manis sendiri. Pasalnya martabak yang kita buat terkadang hasilnya berbeda jauh dengan yang biasa kita beli. Tekstur bagian dalam yang bersarang sedangkan bagian luar crispy seringkali tak tampak. Nah, kunci utama dari pembuatan martabak manis selain pada adonan juga terletak pada cetakannya yang unik.

Berbeda dari cetakan kue lainnya, cetakan martabak terbuat besi atau baja yang tebal. Hal tersebut bukannya tanpa maksud karena untuk membuat martabak manis yang bersarang, renyah dibagian luar, dan matangnya merata dibutuhkan panas api yang sangat tinggi. Untuk itu diperlukan besi atau baja tebal agar panas bisa dihantarkan dan disebarkan dengan baik ke seluruh permukaan cetakan.

Panaskan cetakan di atas api sedang, tuangkan adonan ke dalam cetakan yang sudah panas tersebut. Oleh karena itu sebaiknya gunakan pula api yang merata agar saat adonan dituang akan matang secara merata pula. Kemudian barulah taburi dengan aneka topping seperti mesis, keju, susu, dsb.

Biasanya cetakan martabak yang paling baik adalah yang terbuat dari baja anti karat. Meskipun memang harganya lebih mahal dibandingkan dengan yang terbuat dari besi. Cetakan ini biasanya dijual dalam berbagai ukuran di toko bahan kue. Tidak seperti cetakan kue lainnya, cetakan martabak semakin banyak digunakan malah akan menghasilkan martabak yang bagus. Jadi, sudah siap membuat martabak?

(Odi/dev)


Baca Juga
 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).