detikfood
Jumat, 13/11/2009 17:57 WIB

Harum Lembut Balapis Manado

Eka Septia - detikFood
Lain-lain
  • Tokusil FC-L
  • Tokusil FC-H
  • Tokusil FC
Obat-obatan
Vitamin
thumbnail
Kue lapis yang satu ini asli dari Minahasa. Rasanya kenyal lembut gurih dengan semburat rasa manis yang tak terlalu dominan. Cocok sekali untuk teman minum teh ataupun kopi di sore hari. Coba saja!

Pasti sudah pernah mendengar yang namanya kue lapis? Ya, kue lapis versi yang satu ini berasal dari kota Manado. Balapis namanya. Kue balapis ini tak jauh berbeda dengan kue lapis pada umumnya. Namun bahan utamanya saja yang sedikit berbeda. Balapis Manado ini terbuat dari tepung beras, santan, dan gula pasir.

Warna balapis biasanya terdiri dari paduan warna cokelat putih atau hijau putih. Untuk warna hijau menggunakan pewarna alami dari air perasan daun pandan dan daun suji. Untuk warna cokelatnya didapat dengan menambahkan cokelat pasta atau cokleat bubuk pada adonan. Soal rasa tergantung selera. Jika suka yang harum wangi, balapis hijau sangat cocok. Buat penggemar cokelat, balapis cokelat sangat legit kenyal rasanya.

Untuk membuat balapis dibutuhkan kesabaran karena lapisan dikerjakan selapis demi selapis. Agar lapisan warnanya tidak bercampur satu sama lain. Adonan dicetak dalam loyang segiempat. Proses memasaknya dengan cara dikukus dengan api sedang. Ketika matang, balapis ini tak bisa langsung dipotong karena tekstur nya masih sangat lembek saat panas. Harus menunggu agar balapis dingin dulu.

Balapis khas Manado tak banyak ditemui di toko-toko kue. Hanya beberapa toko kue khas makanan Manado saja yang menyediakannya. Umumnya rumah makan atau warung makan Manado menjual kue lapis ini bersama dengan jajanan lainnya.

(Odi/eka)


Baca Juga
 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Must Read close