detikfood
Jumat, 30/10/2009 15:00 WIB

Yuk, Belanja Bluder dan Cetakan Kue!

Eka Septia - detikFood
Bumbu-bumbu (Saos, Kecap, dll)
  • Unifood Kentucky Hot
  • Unifood Kentucky
  • Unifood Rempeyek
Obat-obatan
Sayuran dan Olahannya
thumbnail Aneka cetakan dan Amris
Mencari roti bluder kuno? Disini tempatnya! Tak hanya roti, tapi juga risoles Amerika hangat selalu tersedia setiap hari. Kalau butuh perlatan membuat kue, mulai dari cetakan kuker sampai oven besar pun bisa dicari!

Lebih dari tiga puluh tahun yang lalu, toko kue ini berdiri. Bahkan Kursus Kue dan Masak Dharmaputera ini menjadi pionir dari segala macam kursus kue dan masak. Tak hanya menerima kursus kue saja, tapi juga menjual beragam kue dan cake cantik yang enak dan banyak pilihannya.

Mulai dari risoles renyah, aneka jajan pasar seperti lemper, tahu ala Thailand, dan beberapa jenis cake dan juga roti. Kursus kue dan roti Dharmaputera yang dikomandani oleh Ny. T.S Dharmaputera ini memang sejak dulu dikenal sebagai tempat belajar. Tak hanya makanan lokal juga aneka makanan mancanegara. Karena sudah lama sekali tak pernah mampir ke tempat ini, jadilah siang kemarin saya menyempatkan diri berkunjung kesana.

Dulu ibu saya sering mengambil kursus di toko yang dulu ada di daerah Gajah Mada. Mulai dari menghias kue, bikin risoles, kroket, sampai hamburger dan aneka makanan Jepang populer. Kue tart dan kue lapis buatan Ny. Dharmaputra ini terkenal enak.

Toko Kue Dharmaputera menempati sebuah ruko yang tak terlalu besar. Banner toko ini pun tidak terlalu mencolok. Kalau tidak jeli pasti sudah terlewatkan. Saat pintu toko dibuka, harum aroma bahan-bahan kue pun langsung menguap. Tak ketinggalan kue-kue yang sedang dipanggang pun menebaarkan bau harum yang menggoda.

Di sebelah kiri terdapat sebuah etalase yang memajang aneka kue tradisional dan juga roti. Rak-rak memanjang sebagai tempat beragam cetakan kue, cetakan cokelat, cetakan kue satu, cetakan cendol, cetakan puding dengan beragam bentuk, hiasan kue ulang tahun, dan juga bahan-bahan kue seperti icing sugar, aneka pasta makanan, dan lain-lain.

Saya sempat menanyakan kenapa mereka tak menjual loyang. "Kalau mau lihat loyang-loyang, ada di lantai 2 mba," ujar pelayannya sambil menunjukkan arahnya kepada saya. Di lantai 2 juga ada kelas tempat kursus berlangsung. Uniknya sekarang kalau tidak sempat kursus, bisa saja membeli video kelas memasak!Next

(Odi/eka)

Halaman 1 2

 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Must Read close