detikfood
Senin, 05/10/2009 12:02 WIB

Hangat Bergizi Si Sapo Tahu

Devita Sari - detikFood
Mie Instan
  • Yumi
  • Cangak Ular
  • Bihunku
Susu dan Makanan Bayi dan Balita
Makanan Ringan, Bakery dan Bahan Roti
thumbnail
Sebagian besar kota Jakarta sudah diguyur hujan sejak pagi. Untuk itu makanan yang serba hangat seperti sapo tahu sangat cocok menjadi menu santap siang nanti. Tak hanya hangat gurih kuah kentalnya namun paduan tofu dan sayuran segar membuat sajian sehat ini makin penuh gizi.

Sapo merupakan hidangan asal negeri Cina ini kian popular. Nama sapo berasal dari penggunaan panci 'sapo' alias claypot yang digunakan untuk memasak hidangan ini. Claypot berbeda dengan mangkok lainnya karena terbuat dari bahan keramik. Keunggulannya dapat menyimpan panas lebih lama dibanding panci biasa sehingga hidangan bisa tetap hangat hingga tetes terakhir.

Biasanya sapo memiliki banyak jenisnya seperti sapo tahu, sapo seafood, sapo ayam, dll. Sapo biasanya langsung dimasak dalam claypot dengan menggunakan egg tofu alias tahu Cina yang bertekstur halus dan lembut. Agar tofu tak hancur biasanya digoreng asal terlebih dahulu.

Untuk pelengkap sapo biasanya ditambahkan sayur-sayuran seperti wortel, jamur, sawi, brokoli, dll. Untuk sapo seafood biasanya ditambahkan pula aneka seafood seperti cumi atau udang. Kuahnya yang gurih dan kental ini menjadi ciri khas hidangan sapo.

Sapo memang paling enak disantap saat hawa dingin seperti ini. Nah, buat yang ingin mencicipi hangat gurihnya sapo berikut restoran yang bisa Anda tuju siang ini:

Sapo Oriental
Mal Taman Anggrek Lt. 3
Jl. Letjen S. Parman No.21
Jakarta Barat.
Telp: 021-5639342

Ta Wan Restaurant
Setiabudi One Lt. 1 Unit 202-203
Jl. HR Rasuna Said Kav 62
Jakarta Selatan
Telp: 021-5215118

Sapo Sapo Restaurant
Plaza Bapindo Menara I Lantai Basem
Jl. Jend. Sudirman Kav 54-55
Jakarta Selatan
Telp: 021-5275464

Olive Family Resto
Jl. Cikajang No.44 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan
Telp: 021-7233352


(Odi/dev)


Baca Juga
 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).