detikfood
Kamis, 01/10/2009 14:30 WIB

Lembut Padat si Roti Manis Taiwan

Devita Sari - detikFood
Susu dan Makanan Bayi dan Balita
  • Flakes Makanan Tambahan usia 2-5th
  • Susu Pertumbuhan 6-12 Bulan Rasa Vanilla
  • Susu Pertumbuhan 1-5 Tahun Rasa Vanilla
Sayuran dan Olahannya
Restoran
thumbnail
Artikel Terkait

Roti manis a la Taiwan yang satu ini tak hanya  Cantik tampilannya. Isinya pun beragam sehingga membuatnya populer dan banyak disukai. Ada roti 'granat' susu, roti butter, dan roti Filipina talas yang teksturnya lembut dan padat. Para pencinta roti, mau coba?

Jenis roti manis alias sweet bread di kawasan Asia mengalami perkembangan yang sangat pesat. Salah satu negara Asia yang sukses dan kini menjadi inspirasi untuk sebagian bakery di kawasan Asia adalah Taiwan. Banyaknya varian roti manis yang dikembangkan oleh Taiwan dan rasanya yang cocok di lidah orang Asia inilah yang membuatnya populer dan disukai.

Hal itu pula yang menjadi ciri khas roti buatan Vanilla Bakery. Meskipun tak mewah seperti gerai bakery yang biasa dijumpai di mal. Bakery yang terdapat di jejeran ruko Jl. Agung Utara Raya, Jakarta Utara ini telah memiliki cukup banyak pelanggan setia. Tentunya termasuk saya sebagai pencinta roti!

Aroma harum roti yang sedang dipanggang langsung tercium saat memasuki bakery yang sederhana ini. Jejeran nampan-nampan kayu yang berisi berbagai variasi roti khas Taiwan yang dibungkus plastik transparan tampak ditata rapi. Sebagian besar roti dibuat dengan tampilan lucu dan menarik seperti berbentuk binatang atau bertopping lumeran cokelat dan selai strawberry. Seakan mengundang pengunjung untuk segera membeli dan mencicipinya.

Yang membuat Vanilla Bakery tak kalah dengan bakery yang dijual di mal-mal adalah penggunaan tepung dengan kualitas premium. Sejak berdiri pada tahun 2001, bakery ini memang selalu konsisten menggunakan bahan premium sehingga menghasilkan roti yang empuk, enak, dan berkualitas.

Salah satu favorit saya adalah roti 'granat' susu. Disebut roti 'granat' karena bentuknya memang dibuat menyerupai granat. Bulat lonjong dengan ujung runcing dengan alur-alur cantik, unik bukan?  Keistimewaannya dapat ditemukan saat mulai menggigit roti ini. Isinya merupakan campuran cokelat, keju, dan susu yang hmm... menggoyang lidah.

Lalu ada pula roti Filipina talas. Bentuknya dipilin seperti horn atau tanduk dengan isian adonan talas.  Teksturnya lembut dengan adonan talas berwarna ungu yang padat, dengan tekstur lembut. Tak heran jika roti ini juga disukai oleh  banyak pelanggan bakery ini.

Masih ada puluhan variasi roti lainnya bisa jadi pilihan di bakery yang berdiri sejak 2001 ini. Diantaranya ada Garlic Keju, Rock Tuna, Roti Vla Jagung, Roti Gandum Aneka Rasa, Smooked Beef Cheese, Roti Green Tea, Chiffon, dll. Tekstur roti yang lembut dan padat, tidak kempis saat digigit dengan rasa manis yang tidak berlebihan.

Bentuk roti manis Taiwan ini tidak membosankan seperti roti manis klasik. Ada yang dipilin, ditaruh dalam mangkuk kertas atau bahkan dibentuk jumbo dengan lapisan topping yang renyah manis. Roti Vla Jagungnya berbentuk oval, disayat melebar dengan lelehan vla yang diaduk dengan biji jagung manis. Karena itu saat digigit ada rasa manis legit jagung dan vla berikut krenyes-krenyes jagung.

Roti manis yang paling sederhana yang saya suka justru roti butter. Berbentuk ovel dengan ujung runcing dengan taburan wijen. Sekali sobek, aroma wangi mentega langsung tercium. Teksturnya lembut dengan rasa susu dan mentega yang kuat. Hmm..kalau dimakan begini saja enak, tentu makin lezat dengan cocolan sup krim yang gurih.

Jenis roti yang populer di bakery modern lainnya seperti roti Mexican, roti polo, roti manis juga bisa ditemui di bakery ini. Bentuk dan ukurannya juga nyaris sama. Hanya saja harganya relatif lebih murah.

Bakery ini juga sama dengan bakery besar lainnya yang memakai sistem 'fresh from the oven'. Hampir semua jenis roti merupakan roti baru yang dibuat hari itu sehingga tampilannya juga sangat segar dan aromanya wangi.

Sistem mengambil dan memilih roti sendiri cukup menyenangkan buat saya. Hanya saja saya agak terganggu dengan pelayan yang terus membuntuti. Wah, gerak saya jadi agak terbatas karena toko juga agak sempit. Mungkin saja ini untuk mengantisipasi kelakuan sebagian konsumen yang senang mencolek-colek roti saat membeli yang berakibat roti jadi berantakan tampilannya!

Soal harga Vanilla Bakery mematok harga yaitu sekitar Rp 2.500 - Rp 15.000,00. Tidak terlalu mahal bukan? Buat penggemar roti manis rasanya bakery ini bisa jadi alternatif pilihan yang layak dicoba!

Vanila Bakery
Jl. Agung Utara Raya D1/5A
Sunter
Jakarta Utara
Telp: 021-6451113/6451114


(Odi/dev)


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).