detikfood
Selasa, 08/09/2009 13:44 WIB

Anget Sedep Soto Semarang!

Eka Septia - detikFood
Flavor
  • Pandan Pasta
  • Orange Crush Pasta
  • Nanas Pasta
Lain-lain
Vitamin
thumbnail
Kuah soto yang berwarna bening sedikit kecokelatan menebarkan aroma harum  wangi bawang putih yang tajam. Suwiran daging ayam yang empuk berselingan dengan tauge yang renyah.Tambahan sedikit sambal, kecap manis, dan juga kucuran jeruk nipis membuat rasanya jadi makin uenak!

Sepulang makan nasi uduk Gondangdia di lokasinya yang baru, saya melewati sebuah rumah yang garasinya disulap menjadi tempat makan sederhana. Dengan bertuliskan Warung Bella Soto Semarang Asli, pikiran saya langsung melayang ingat dengan kelezatan soto Semarang yang pernah saya coba di daerah asalnya.

Tanpa pikir panjang lagi, saya langsung masuk ke dalam warung tersebut. Suasana warung tak terlalu ramai, hanya beberpa orang tengah sibuk dengan soto yang tersaji di hadapan mereka. Karena saya baru saja makan nasi, soto Semarang tanpa nasi jadi pilihan saya.

Di bagian depan warung disulap seperti dapur sederhana tempat meracik soto. Meskipun ada pikulan, tapi kuwali tempat menggodok kuah soto tidak tampak. Yang ada hanya panci berukuran besar, yah memang tak sama persis di tempat asalnya tapi tak ada salahnya untuk di coba. O, ya di tempat ini juga menjual lumpia asli Semarang plus tahu petis Semarang! Jadi kalau ingin membeli yang mentah untuk dibawa pulang juga bisa.

Tak berapa lama, soto pesanan saya pun datang. Disajikan dalam mangkuk porselin Cina kecil, terlihat taburan bawang putih goreng yang banyak mengapung di atasnya. Membuat aroma soto menjadi semakin wangi. Warna kuahnya bening sedikit kecokelatan, rasa kuahnya gurih dengan jejak rasa manis yang lamat-lamat.

Memang tak persis dengan soto Semarang yang asli, tapi cukup mengobati rasa rindu saya dan juga menghangatkan tubuh malam kemarin. Agar rasanya lebih mantap, sedikit kucuran jeruk nipis, kecap manis, dan juga sambal rawit menjadi racikan akhirnya. Wow.. rasanya menjadi lebih mantap! Isiannya komplet, mulai dari ayam yang sudah disuwir-suwir, tauge, soun, dan juga irisan daun bawang.

Untuk menikmati soto Semarang di meja disediakan lauk pelengkap yang komplet. Ada satai telur puyuh dan satai kerang yang direndam kuah kecap agak melimpah sehingga tetap basah.  Kuah perendamnya kecokelatan dengan rasa kecap yang kuat. Aneka gorengan seperti bakwan jagung, tahu dan tempe goreng  juga kerupuk gendar juga tersedia sebagai teman menikmati soto Semarang.

Kuah soto yang hangat dan juga sapuan teh tubruk hangat membuat peluh tak ayal lagi mengalir deras dari kening hingga ke leher. Tapi sungguh bisa membuat mata yang mengantuk jadi segar kembali. Untuk seporsi soto Semarang tanpa nasi dihargai sebesar Rp 8.000,00 dan Rp 3.000 untuk sebungkus kerupuk gendar. Hmm.. cukup murah bukan? Kalau sore nanti berada di kawasan Cikini, bisa mampir ke warung soto ini untuk menghangatkan perut saat berbuka puasa!

Warung Bella
Jl. Cikini IV No 12
Telp: 021 31937500
(Odi/eka)


Baca Juga
 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Must Read close