detikfood
Rabu, 22/07/2009 18:25 WIB

Kayu Pengharum Masakan

Eka Septia - detikFood
Kosmetik
  • Soap Noodles
  • Sportz Soap
  • Dream Soap
Bumbu-bumbu (Saos, Kecap, dll)
Ikan dan Produk Olahannya
thumbnail
Tak perlu heran jika ada masakan yang menggunakan jenis kayu ini sebagai bumbu. Cinnamomum Verum nama latinnya, tak hanya aromanya saja yang enak tapi kalu sudah di tambahkan ke dalam masakan pasti jadi semakin lezat! Mau coba?

Kalau Anda sering membuat setup tape atau kue kering mungkin sudah tak asing lagi dengan rempah ini. Yak, Cinnamomum Verum atau Cinnamoman Burmani nama latinnya atau yang lebih dikenal dengan istilah kayu manis. Jangan lantas Anda membayangkan bahwa yang digunakan benar-benar batang kayunya, tapi bagian yang digunakan adalah kulit kayu yang sudah mengelupas dan kering.

Di pegunungan Kerinci, dikenal kayu manis berkualitas bagus. Dari hasil kayu manis yang berlimpah selain diekspor juga dibuat minyak kayu manis dan sirop kayu manis. Sirop ini mirip dengan maple syrup, berwarna kecokelatan dan kental dengan rasa manis yang kuat.

Selain enak untuk dijadikan bumbu penyedap masakan, rempah yang memiliki sifat rasa pedas sedikit manis dengan aroma harum  yang kuat ternyata juga menyimpan berjuta khasiat yang baik untuk kesehatan loh! Mungkin hal ini dikarenakan kandungan kimia seperti minyak atsiri, safrole, sinamadehide, eugenol, tanin, damar, kalsium oksanat.

Menurut pakar kesehatan, kayu manis berkhasiat untuk obat asam urat, tekanan darah tinggi, maag, tidak nafsu makan, sakit kepala (Vertigo), masuk angin, diare, perut kembung, muntah-muntah, hernia, susah buang air besar, asma, sariawan, sakit kencing, dan lain-lain.

Apabila kayu manis dicampurkan pada masakan, akan menimblkan efek segar, harum dan nikmatnya masakan. Tapi Anda harus memperhatikan pemberian kayu manis dalam masakan sebaiknya sesuai takaran. Misalnya, untuk masakan berkuah, campurkan kayu manis batangan kurang lebih 5 cm ke dalam seliter bahan cair.

Untuk roti, cake atau pun kue kering cukup tambahkan sekurang-kurangnya sesendok teh kayu manis bubuk atau sesuaikan dengan resep. Kalau memberikan kayu manis terlalu banyak akan menghilangkan rasa dan aroma asli masakan ataupun kue.

Biasanya, rasa dan aroma kayu manis bubuk lebih tajam dibandingkan kayu manis batangan. Akan tetapi, kayu manis bubuk tidak dapat bertahan lama karena kayu manis bubuk mudah rusak dan aroma kayu manis akan hambar. Jadi, sebaiknya simpanlah kayu manis batang maupun bubuk dalam wadah kering yang tertutup rapat dan simpan di tempat kering yang tidak terkena sinar matahari langsung.
(Odi/eka)


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).