detikfood

Kamis, 09/07/2009 17:22 WIB

Manfaat Hebat si Acai Berry

Devita Sari - detikFood
Manfaat Hebat si Acai Berry Sumber: wordpress.com
Buah yang satu ini kini menjadi sangat populer. Sebagai pencegah kanker, penuaan dini dan sekedar menjaga kesehatan. Dari mana asal buah ini dan apa manfaat buah dan jus acai berry ini bagi tubuh? Yuk simak info lengkapnya di sini!

Pujian pasar tentang buah acai berry sebagai salah satu buah elit yang memiliki khasiat anti-aging dan penurun berat badan yang hebat. Bahkan beberapa perusahaan memakai acai berry dalam kosmetik dan produk kecantikan mereka. Tetapi apakah penelitian ilmiah mendukung pengakuan terhadap manfaat buah ini?

Apakah Sebenarnya Buah Acai Berry?
Acai berry adalah buah mungil yang panjangnya hanya beberapa inci saja dengan warna kemerah-merahan, nyaris ungu. Buah ini berasal dari Acai palm tree (Euterpe oleracea), yang asli berasal dari Amerika Tengah dan Selatan. Buah ini masih berkaitan dengan bluberry, cranberry, dan buah berwarna ungu gelap lainnya.

Penelitian terhadap acai berry berfokus pada kemungkinannya memiliki kandungan antioksidan. Secara teoritis, kegiatan yang menghasilkan antioksidan tersebut dapat membantu pencegahan penyakit yang disebabkan oleh stress oksidasi seperti penyakit jantung dan kanker.

Apakah Buah Acai Berry Menyehatkan?

Buah acai mengandung beberapa unsur yang disebut anthocyanins dan flavonoids. Kata 'anthocyanins' tersebut berasal dari dua kata Yunani yang berarti 'tanaman' dan 'biru'. Anthocyanins merupakan zat yang bertanggung jawab atas unsur merah, ungu, dan biru sebagai warna pada buah-buahan, sayuran, dan bunga. Makanan yang banyak mengandung anthocyanins - seperti blueberry, anggur merah, wine merah, dan acai - memiliki warna yang sangat kuat, berkisar antara ungu tua hingga hitam.

Anthocyanins dan flavonoids merupakan antioksidan yang tinggi yang bisa membantu pertahanan tubuh melawan tekanan stress sehari-hari. Mereka juga memiliki peranan penting dalam pencegahaan sistem sel tubuh. Radikal bebas adalah produksi berbahaya yang dihasilkan oleh tubuh. Makan makanan yang kaya antioksidan berkaitan dengan proses penuaan dan penyakit dengan menetralisir radikal bebas.

Dengan mengurangi kekuatan pengancur dari radikal bebas, antioksidan dapat membantu mengurangi resiko terserang beberapa penyakit, seperti jantung dan kanker.

Apakah Manfaat Acai Berry?

Beberapa penelitian memperlihatkan bahwa daging buah acai memiliki kapasitas antioksidan yang sangat tinggi bahkan lebih daripada kandungan antioksidan yang terdapat pada cranberry, raspberry, blackberry, strawberry, atau blueberry. Bagaimanapun penelitian tetang hal tersebut masih berlangsung, dan jurinya adalah mereka yang mengkonsumsinya.

Orang-orang mengkonsumsi acai berry untuk mendapatkan berbagai manfaat kesehatan. Tetapi sejauh ini, acai berry belum memiliki manfaat yang pasti bagi kesehatan, manfaat yang berbeda dari buah-buahan lain yang serupa.

Apakah Acai Berry Bisa Menurunkan Berat Badan?

Para ilmuwan mempelajari tentang seberapa kuat fungsi dari superfoods, seperti acai berry ini. Meskipun acai berry dipuji oleh beberapa produk penurun berat badan, beberapa studi telah melakukan ujo coba mengenai keuntungan acai dalam meningkatkan penurunan berat badan.

Sementara ini, banyak reset mendukung untuk mengkonsumsi makanan diet yang kaya akan antioksidan. Hal tersebut tidak diragukan karena berry dan buah-buahan lainnya merupakan bagian dari kunci penting dari berbagai diet sehat untuk meningkatkan penurunan berat badan. 

Mengapa Acai Berry Digunakan dalam Produk Kecantikan?

Beberapa kosmetik dan produk kecantikan mengandung minyak acai dalam daftar kandungan bahan-bahan. Itu karena minyak acai adalah sumber utama dari antioksidan.

Studi memperlihatkan bahwa minyak dari acai berry dapat menjadi alternatif aman dibanding minyak tropikal lainnya yang digunakan pada produk kecantikan seperti cream wajah dan tubuh, terapi kulit anti penuaan, pencuci rambut dan kondisioner, dan produk lainnya. Ketika minyak acai diproses dan ddisimpan dalam jangka panjang, level antioksidannya tetap tinggi.

Apakah Efek Samping Buah dan Jus Acai Berry?

Jika Anda memiliki alergi serbuk sari atau super sensitif terhadap acai atau jenis berry yang serupa, Anda mungkin perlu menghindari buah ini. Namun jika Anda mengkonsumsinya dengan jumlah yang cukup, rasanya cukup aman untuk mengkonsumsi buah ini.

(Odi/dev)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan