detikfood
Senin, 06/07/2009 16:22 WIB

Adas Manis, si Mungil yang Kaya Manfaat

Eka Septia - detikFood
Minyak, Emulsi dan Lemak
  • TRHPO
  • FORTUNE FRYING
  • DENOIL
Kosmetik
Coklat dan Permen
thumbnail Adas Manis
Adas manis yang lebih dikenal dengan sebutan anis ini tak hanya bisa digunakan sebagai bumbu masakan, tetapi juga sebagai obat yang sudah dipercaya sejak lama. Apa saja manfaat dari rempah mungil ini? Temukan jawabannya di sini!

Adas manis, atau istilah latinnya Pimpinella Anisum, merupakan sejenis tumbuhan yang berasal dari Laut Tengah dan juga Asia Barat. Tumbuhan ini memiliki tinggi hampir sekitar satu meter dengan bentuk daun sedikit menyirip menyerupai bulu. Adas manis ini berbentuk lonjong dengan panjang 3 sampai 5 mm.

Adas manis memiliki rasa yang sedikit manis dengan aroma yang sangat khas. Tak heran jika rempah ini sering digunakan sebagai bumbu penyedap pada beberapa jenis masakan, tak hanya di Indonesia tapi juga di beberpa negara di Eropa dan Asia.

Selain untuk masakan, adas manis juga digunakan sebagai campuran pada minuman beralkohol seperti Raki di turki, Sambuca di Italia, dan masih banyak lagi. Bentuknya mungil sedikit gendut ini juga memiliki khasiat untuk kesehatan, biasa digunakan sebagai antiparasit ringan.

Tak hanya buahnya, daunnya juga bisa digunakan untuk merawat gangguan pencernaan, meredakan sakit gigi, dan minyak esensialnya bisa digunakan untuk merawat penyakit kulit seperti kudis, kurap, ataupun kutu. Minyak essensial adas manis juga digunakan sebagai aroma terapi untuk menyembuhkan flu dan pilek.

Jika Anda mengalami sulit tidur, adas manis yang sudah diseduh dengan air hangat dan diberi sedikit madu bisa membantu mengatasinya. Dan apabila buahnya dikunyah, bisa menyegarkan pernafasan loh! Dibeberapa negara seperti Thailand dan Pakistan adas manis digunakan sebagai campuran teh untuk memberikan aroma yang khas.

Nah, Anda ingin mencobanya juga di rumah?
(Odi/eka)


Baca Juga

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).