detikfood
Senin, 15/06/2009 11:29 WIB

Makan Siang Enak

Sedapnya Nasi Kebuli Racikan Betawi

Odilia Winneke - detikFood
thumbnail Nasi Kebuli Ny. Layla
Nasi berwarna kecokelatan ini menebarkan aroma harum rempah mewangi. Isinya daging kambing atau ayam yang empuk lembut. Rasanya gurih enak, apalagi dimakan dengan acar timun dan nanas yang segar. Bagaimana kalau siang ini menyantap nasi kebuli sambil mengenang kejayaan Betawi?

Menyambut kemeriahan ulang tahun Jakarta tak ada salahnya Anda mencicipi kelezatan kuliner Betawi siang ini. Nasi kebuli merupakan salah satu bukti inkulturisasi budaya Arab dengan budaya Betawi yang sangat mulus. Kini, nasi kebuli ini bisa tetap dinikmati olah semua orang tak hanya keturunan Arab yang ada di Jakarta.

Di wilayah Kampung Melayu, Condet, Kebon Jeruk dan Tanah Abang banyak tinggal komunitas keturunan Arab. Karenanya di daerah ini banyak dijumpai warung nasi yang menjual makanan Betawi dengan sentuhan Timur Tengah.

Nasi kebuli merupakan racikan nasi yang berbumbu komplet. Aroma wanginya berasal dari kapulaga, cengkih, jintan, kayu manis dan minyak samin. Potongan daging kambing yang diolah dengan bumbu bersama nasi sehingga kaldu bersama bumbu melekat kuat pada nasi dan dagingnya. Hasilnya, rasa dan aroma nasi sungguh lezat!

Nasi kebuli biasanya disajikan dnegan acar timun, tomat dan nanas yang sangat segar sehingga cocok untuk mengimbnagi rasa gurih nasi kebuli. Lauk pendampingnya berupa marak kambing atau sup kambing yang bening. Kalau tak suka daging kambing, Anda bisa memesan nasi kebuli ayam.

Jika ingin mencicipi kelezatanb kuliner Arab-Betawi ini, beberapa rumah makan special nasi kebuli ini bisa Anda kunjungi siang ini.

Nasi Kebuli Ny. Layla
Jl. Casablanca, samping mesjid At Tahiriyah, setelah rel kereta api Tebet
(pertigaan Lapangan Roos-Bukit Duri)
Telp: 021-8314615

Pondok Nasi Kebuli Ibu Hana
Jl. KH. Abdullah Syafei No. 31
(seberang Komplek Gudang Peluru)
Jakarta Selatan

Nasi Kebuli Puas
Jl. Condet Raya Nomor 78, Condet
Jakarta Timur
Jl. Lapangan Bola Nomor 5 (belakang kantor RCTI, Kebon Jeruk)
Jakarta Barat
Jl.Raya Jati Waringin Nomor 7 (depan Waringin Permai)
Jakarta Timur

Nasi Kebuli Bang Madjid
Jl. Raya Condet No. 7A
Jakarta Timur
Telp: 021-98528588
(Odi/dev)


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).