detikfood
Senin, 04/05/2009 11:29 WIB

Makan Siang Enak

Sego Pecel Sedep dan Sehat

Odilia Winneke - detikFood
Minyak, Emulsi dan Lemak
  • TRHPO
  • FORTUNE FRYING
  • DENOIL
Minuman dan Bahan Minuman
Susu dan Makanan Bayi dan Balita
thumbnail Pecel Kalibata
Kalau akhir pekan kemarin sudah berfoya-foya makan enak, siang ini Anda bisa memilih makan pecel yang sehat. Aneka sayuran yang kaya serat plus bumbu pecel yang mlekoh bakal membuat diet jadi lebih seimbang. Di mana ya pecel yang enak dan sedep?

Nasi pecel atau sego pecel merupakan makanan khas Jawa Tengah dan Jawa Timur. Racikannya sederhana saja. Aneka sayuran seperti kangkung, kacang panjang, tauge, kol, disiram dengan bumbu kacang dan disajikan di atas pincuk atau piring dari daun.

Versi racikan sayurannya banyak ragamnya. Selain yang standar bisa ditambah dengan kembang turi, kecipir, daun papaya, daun singkong dan daun semanggi. Pecel gaya Madiun memakai tambahan irisan mentimun, kemangi dan petai cina atau mlandingan.

Kuah atau sambal pecel juga sangat beragam racikanannya. Gaya Jawa Tengah lebih kecokelatan dengan rasa manis yang menonjol. Gaya Jawa TImur lebih gurih pedas dan kemerahan dengan rasa bawang putih, daun jeruk dan kencur yang menonjol. Di beberapa warung makan tersedia bumbu yang lain yaitu sambal tumpang.

Jangan khawatir kurang lauk. Karena nasi pecel biasanya disajikan dengan pilihan lauk yang banyak. Misalnya bacem tahu, tempe, rempeyek, botok petai cina,sate paru, bacem jeroan sapi atau ayam, perkedel, bakwan, telur ceplok dan tak ketinggalan kerupuk kanji, rempeyek kacang dan kerupuk gendar.

Penyajian nasi pecel biasanya dalam porsi kecil sehingga untuk yang biasa berporsi besar harus menambah lagi. Rembesan bumbu kacang yang pedas gurih dan manis ke dalam nasi membuat nasi pecel rasanya sedap dan nikmat apalagi disantap dengan tangan!

Nah, sudah mantap menentukan nasi pecel sebagai menu makan yang sehat siang ini. Mungkin salah satu rumah makan pecel ini bisa jadi pilihan Anda:Next

(Odi/eka)

Halaman 1 2

 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).