detikfood
Kamis, 01/01/1970 07:00 WIB

Hidangan Sunda Lesehan, Raos Pisan!

Octya Dwi Untari - detikFood
Flavor
  • Pandan Pasta
  • Orange Crush Pasta
  • Nanas Pasta
Daging & Daging Olahan
Restoran
thumbnail
Nama: Octya Dwi Untari
Email: tari211084[at]yahoo.com

Mencari rumah makan bermenu hidangan Sunda di Jakarta memang tak sulit. Namun tak banyak juga yang menawarkan kenikmatan hidangan sekaligus tempat bersantap yang menyenangkan bagi seluruh keluarga di akhir pekan. Tapi rumah makan yang satu ini beda, hmm.. apa sih bedanya?

Rumah makan yang berkonsep lesehan maupun yang menawarkan sajian khas Sunda pastinya memang sudah banyak sekali, terutama di daerah Jakarta dan sekitarnya. Tetapi pastinya masing-masing rumah makan tersebut memiliki kekhasan sendiri. Seperti halnya rumah makan berkonsep lesehan yang bernama Saung Pasundan ini tentunya.

Rumah makan ini letaknya di pinggiran Jakarta, tepatnya di Jl. Raya Gunung Sindur sekitar 2km dari PUSPIPTEK menuju Gunung Sindur. Saat melangkah masuk para pengunjung akan disuguhkan suasana asri khas pedesaan yang menyejukkan mata. Sedangkan untuk menu yang disediakan sebut saja ikan gurame yang diolah dengan berbagai jenis olahan, pepes ikan mas, nasi timbel, sayur asem dan aneka sayuran segar yang dimasak cah, seperti cah kangkung dan cah genjer.

Setiap mampir ke rumah makan ini, saya tidak pernah melewatkan gurame asam manisnya yang menurut saya rasanya sangat enak. Ikan guramenya besar dan digoreng kering lalu disiram dengan kuah asam manis. Hmmm... kebayang kan rasanya yang nikmat sekali. Yang istimewa ikan guramenya masih fresh, saat dinikmati tidak tercium jejak amis atau berbau lumpur sama sekali. Belum lagi bumbu asam manisnya yang sangat pas di lidah.

O ya, nasi timbel Saung Pasundan juga merupakan menu yang tak boleh dilewatkan. Rasa asin dari ikan asin jambal roti yang ada di nasi timbel ini sangat cocok disandingkan dengan sayur asemnya plus sambal dadak dan lalapan segar rumah makan ini. Apalagi porsinya juga sangat pas. Ditambah dengan cah kangkung yang krenyes... krenyes renyah hmm... makin enak saja rasanya.

Kalau soal harga tidak perlu khawatir, karena selain enak harganya juga tidak bakal menguras isi kantong. Makanan disini ditawarkan mulai dari Rp 4.000,- sampai Rp 25.000,-. Untuk menu gurame asam manisnya dipatok dengan harga Rp 7.500,- per ons dan Nasi timbel komplit Rp 17.000,- saja.

Terletak tepat di pinggir jalan raya, rumah makan ini rasanya cocok juga sebagai tempat gathering atau mengadakan acara keluarga loh. Karena selain dilengkapi dengan gubuk-gubuk yang disesuaikan dengan jumlah orang, ditempat ini disediakan juga tempat bermain anak-anak dan area memancing, peternakan, hingga aneka tanaman hingga bunga. Semuanya serba mengasyikkan untuk dinikmati bersama keluarga. Nah, tertarik untuk mengajak keluarga sore nanti ke rumah makan ini?

RM Lesehan Saung Pasundan
Jl. Jl.Raya Gunung Sindur, Kp.Nagrog
(2 KM dari PUSPIPTEK menuju Gunung Sindur)
Serpong
Telp: 021-680 13100
Fax: 021-5565 6219
(Odi/dev)


Baca Juga
 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).